Gaet Telkomsel, Blue Bird Pakai IoT untuk Argo hingga Pemesanan Taksi
PT Blue Bird Tbk (BIRD) menggandeng PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk menerapkan teknologi Internet of Things (IoT). Dengan begitu, argo, pemesanan layanan taksi hingga pembayaran menjadi terpusat.
Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo berharap, adopsi teknologi ini bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja pengemudi. “Kami percaya bahwa kolaborasi ini tidak hanya menghasilkan efisiensi di dalam operasional Blue Bird, namun juga berdampak positif bagi industri transportasi di Indonesia,” katanya dalam siaran pers, kemarin (26/8).
Hingga akhir tahun ini, 10 ribu taksi akan dipasang IoT. Perusahaan menargetkan 25 ribu armada sudah mengimplementasikan teknologi itu pada Kuartal II 2020.
(Baca: Telkomsel Pakai IoT untuk Manajemen Pengisian BBM Pertamina)
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, perusahaannya menyediakan IoT Control Center dan solusi bisnis berbasis komputasi awan (cloud-based) terkait kerja sama ini. Ia mengklaim bahwa layanan ini dapat meningkatkan keamanan aset dan memprediksi pengeluaran perusahaan.
Dengan menggunakan IoT, ekosistem Blue Bird mulai dari pusat hingga armada akan terhubung. Teknologi ini akan menggantikan perangkat penghitung argo atau Fleety dan penerima pesanan berbasis jaringan 2G, yang selama ini dipakai perusahaan.