Elnusa Akan Jual Obligasi Global untuk Bangun Depo BBM dan Elpiji

Image title
28 Agustus 2019, 20:53
elnusa, pertamina, bisnis depot, depot bbm lpg
KATADATA/
Elnusa tengah merencanakan untuk membangun depot BBM dan LPG. Untuk mengembangkan bisnis depot, perusahaan akan menerbitkan global bond.

PT Elnusa Tbk (ELSA) merencanakan pembangunan depot bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji (LPG) melalui penugasan dari PT Pertamina (Persero). Masih ada beberapa daerah yang membutuhkan fasilitas depo tersebut, seperti daerah Indonesia Timur, dan Sumatera bagian tengah.

Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan mengatakan perusahaan berencana menerbitkan surat utang global untuk fokus mengembangkan bisnis depo. Adapun perusahaan menargetkan pendapatan dari bisnis tersebut bisa mencapai Rp 4 triliun pada tahun ini. Sedangkan, target pendapatan konsolidasi sebesar Rp 7,5 triliun.

"Depo itu return-nya lebih bagus dibandingkan trading," ujarnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (28/8).

Sebelumnya, Elnusa telah mengakusisi depo LPG Amurang, di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Dalam waktu dekat ini perusahaan juga akan meresmikan depo BBM untuk kebutuhan operasional pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Halmaera Timur milik PT Aneka Tambang (Antam). Secara keseluruhan Elnusa telah mengelola 43 depo.

(Baca: Elnusa Perluas Pasar Hingga Vietnam)

Bukukan Laba Bersih Rp 255 miliar di Semester I 2019

Diversifikasi portofolio bisnis memang menjadi kunci kinerja positif Elnusa sepanjang tahun ini. Direktur Utama Elnusa Elizar P. Hasibuan mengatakan bahwa untuk mendorong kinerja perusahaan tahun ini, sejumlah strategi telah disiapkan. Salah satunya yaitu melanjutkan diversifikasi usaha untuk mengantisipasi volatilitas harga minyak dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...