Saingi Gojek, Grab Investasi Rp 7,2 triliun di Vietnam Selama 5 Tahun

Michael Reily
29 Agustus 2019, 11:08
Grab akan investasi US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun di Vietnam.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, driver Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4). Grab akan investasi US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun di Vietnam.

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Grab mengatakan akan investasi US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun di Vietnam selama lima tahun ke depan. Decacorn Tanah Air, Gojek juga beroperasi di negara itu.

Investasi itu rencananya digunakan untuk meluncurkan layanan baru di Vietnam. Selain itu, Grab akan memperluas jaringan transportasi, pesan-antar makanan, dan pembayaran di negara itu.

Decacorn asal Singapura itu juga akan mengidentifikasi peluang baru terkait bisnis solusi mobilitas, teknologi finansial (fintech), dan logistik. “Investasi ini merupakan cerminan dari komitmen kami yang berlipat ganda ke Vietnam,” kata Head of Regional Operations of Grab Russell Cohen dalam keterangan resmi, dikutip dari Kr.Asia, kemarin (28/8).

Ia menyampaikan bahwa perekonomian Vietnam berkembang pesar. Selain itu, populasi mudanya cukup banyak, sehingga dinilai sebagai pasar potensial untuk bisnis berbasis digital.

(Baca: Saingi Gojek, Grab Akan Investasi Ratusan Juta Dolar AS di Vietnam)

Country Head of Grab Vietnam Jerry Lim optimistis investasi itu akan mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat di luar ekosistem perusahaannya. Startup bervaluasi lebih dari US$ 10 miliar ini pun telah bermitra dengan beberapa lembaga keuangan.

Melalui kemitraan itu, menurut Jerry, perusahaannya dapat memberikan layanan pinjaman bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain itu, Grab akan menyediakan asuransi dan melindungi mata pencaharian masyarakat Vietnam.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...