Tahapan Pengajuan dan Tips Agar KPR Disetujui

Pingit Aria
29 Agustus 2019, 16:43
Buruh mengerjakan pembangunan perumahan bersubsidi di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (1/8). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penyesuaian anggaran untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) 2017
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Buruh mengerjakan pembangunan perumahan bersubsidi di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (1/8). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penyesuaian anggaran untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) 2017 dari Rp 9,7 triliun menjadi hanya Rp 3,1 triliun untuk penyesuaian target Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi menjadi menjadi 279.000 unit.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah idaman. Masalahnya, pengajuan KPR merupakan sebuah proses yang cukup rumit. Tidak jarang pihak bank akan menolak permohonan tersebut.

Dikutip dari Moneysmart, pada umumnya pengajuan KPR memang cukup rumit dan membutuhkan waktu panjang.

Jika semua urusan berjalan dengan lancar, dalam waktu satu bulan Anda sudah bisa akad kredit. Tapi jika tidak, pengajuan kpr umumnya akan memakan waktu 6-12 bulan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar pengajuan KPR disetujui. Berikut beberapa langkah persiapannya:

1. Kumpulkan informasi awal

Tidak perlu terburu-buru mendatangi bank untuk mengajukan KPR. Anda dapat mencari berbagai informasi mengenai KPR secara online.

Temukan semua informasi yang Anda butuhkan, seperti proses pengajuan, besaran bunga dan cicilan, atau sejumlah penalti. Kumpulkan informasi dari beberapa bank sekaligus agar Anda bisa memiliki referensi yang memadai.

(Baca: Ancaman Likuiditas Perbankan di Tengah Penurunan Suku Bunga Acuan)

2. Buat Perbandingan Awal

Setelah mendapatkan sejumlah informasi, jangan lupa untuk melakukan perbandingan antara bank yang satu dan bank yang lain. Pada tahap ini, setidaknya Anda sudah harus memiliki dua atau tiga pilihan bank yang mungkin akan menerima pengajuan KPR Anda. Dengan cara ini, apabila mendapat penolakan dari bank pertama, Anda bisa mengajukan ke bank lain.

3. Datangi Bank dengan Percaya Diri

Datanglah dengan penampilan yang rapi dan pemahaman tentang KPR yang cukup memadai. Tanyakan pada petugas secara detail mengenai berbagai hal yang Anda anggap penting.

Misalnya, jumlah dana KPR yang bisa didapatkan, jumlah uang muka yang wajib disiapkan, besaran bunga, hingga tenor pinjaman. Jangan lupa untuk menanyakan biaya-biaya yang akan timbul jika KPR disetujui.

4. Pilih Bank Terbaik

Pastikan Anda memilih bank dengan layanan terbaik. Sebab, KPR akan menjadi kewajiban dalam jangka panjang.

5. Lengkapi Persyaratan KPR

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...