Anggaran Perbaikan Fasilitas Akibat Kerusuhan Papua Ditaksir Rp 70 M

Image title
Oleh Ekarina
2 September 2019, 15:29
Seorang warga berada di puing bangunan yang terbakar di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). Sejumlah bangunan dan kendaraan terbakar saat aksi pada (29/8/2019).
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Seorang warga berada di puing bangunan yang terbakar di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). Sejumlah bangunan dan kendaraan terbakar saat aksi pada (29/8/2019).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan perbaikan kerusakan fasilitas umum akibat kerusuhan massa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8) lalu menelan anggaran hingga Rp 70 miliar. Proses perbaikan fasilitas tersebut diharapkan memakan waktu pengerjaan selama sebulan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya beserta rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian bakal bertolak ke Papua nanti malam untuk memantau fasilitas pemerintah yang rusak pasca kerusuhan.

Advertisement

"Tugas saya memperbaiki fasilitas umum yang rusak. Mudah-mudahan revitalisasinya tidak lama, paling sebulan untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak," kata Basuki di usai pembukaan World Irrigation Forum di Nusa Dua, Bali, Senin (2/9).

(Baca: Kerusuhan Sebabkan Kantor BPS Papua Tak Ikut Rilis Data Inflasi)

Dia mengatakan, berdasarkan inventarisasi sementara, terdapat sekitar tujuh fasilitas pemerintah yang rusak, baik kerena pecah terkena lemparan benda keras ataupun terbakar. Fasilitas tersebut di antaranya, Gedung Majelis Rakyat Papua (MRP), Gedung BMKG, Gedung Telkom, dan sarana lainnya. "Ini segera kita bersihkan. Anggarannya baru dihitung, kira-kira sekitar Rp 70 miliar," ujarnya.

Adapun dana yang digunakan, nantinya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dia berharap, proses perbaikan bisa cepat dikerjakan dan difungsikan kembali sebagaimana yang instruksi presiden Joko Widodo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement