Kerusuhan Sebabkan Kantor BPS Papua Tak Ikut Rilis Data Inflasi

Agatha Olivia Victoria
2 September 2019, 13:50
bps, inflasi agustus 2019, kerusuhan papua, papua
ANTARA FOTO/GUSTI TANATI
Sebuah bangunan tampak hangus dan rusak, di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). Kantor BPS Papua terdampak kerusuhan sehingga tidak dapat ikut merilis data inflasi Agustus 2019 bersama dengan BPS pusat, dan BPS provinsi lainnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini merilis data inflasi bulan Agustus 2019. Adapun rilis bulanan ini selalu diikuti oleh perwakilan dari kantor BPS di seluruh provinsi di Indonesia. Namun, untuk kali ini kantor perwakilan BPS di Papua tak bisa mengikuti rilis data inflasi.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan bahwa ketidaksertaan kantor perwakilan Papua kali ini ini karena di Papua masih terkena dampak aksi yang berujung rusuh.

"Papua tidak bisa gabung karena kerusuhan yang ada, tetapi Papua Barat bisa bergabung. Kantor BPS di Papua masih oke, kantor KPU yang sejajar dengan BPS yang rusak," ucap dia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (2/9).

Namun, ia menjelaskan bahwa data inflasi Papua masih tetap disampaikan melalui berita resmi statistik di laman resmi BPS. Suhariyanto pun mengungkapkan bahwa pada Agustus 2019 di Papua terjadi deflasi yang diukur dari dua kota yakni Jayapura dan Merauke.

(Baca: BPS Catat Inflasi Agustus 0,12%, Didorong Naiknya Biaya Pendidikan)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...