Dorong Ketahanan Pangan, Pemerintah Fokus Bangun Irigasi dan Bendungan

Image title
Oleh Ekarina
2 September 2019, 19:30
Proyek Irigasi
Kementerian PUPR
Proyek Irigasi. Pemerintah fokus kembangkan menejemen sumber daya air untuk mendorong ketahanan pangan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tantangan untuk memenuhi ketahanan pangan dunia terus berubah, seiring kondisi perubahan iklim, cuaca dan ledakan jumlah penduduk dunia. Pihaknya akan fokus pada pengembangan ketahanan sumber daya air, pangan dan nutrisi di tengah kondisi lingkungan yang semakin kompetitif.

"Evolusi ini merupakan respons terhadap arus dan tantangan di masa depan, dimana produksi pangan harus dua kali lipat pada 2050 untuk memenuhi permintaan populasi dunia yang terus bertambah, sementara daratan dan ketersediaan air menjadi terbatas," ujarnya dalam sambutan 3rd World Irrigation Forum di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Bali, Senin (2/9).

Advertisement

Basuki mengatakan, pada enam tahun lalu, pihaknya berfokus pada pembangunan irigasi dan drainase. Sedangkan pada tiga tahun berikutnya, tantangan ketahanan pangan dunia kembali meningkat, sehingga fokus pemerintah pun ditingkatkan pada manajemen air serta memformulasikan peran irigasi untuk produksi pangan berkelanjutan.

(Baca: Kementerian PUPR Akan Renovasi Fasilitas Rusak Usai Kericuhan di Papua)

Oleh karena itu, dia menyatakan perlu strategi yang kuat dan inovatif untuk mengatasi kelaparan dan mengakhiri kemiskinan pedesaan melalui fasilitas dan sarana perairan serta pertanian.

Adapun melalui forum irigasi dunia ini dia berharap, ada ide baru yang bisa diterapkan sebagai solusi, ketersediaan air. Dia pun menjelaskan pentingnya saluran irigasi dan bendungan untuk peningkatan produksi pangan di Indonesia, khususnya di daearah kering.

Kementerian PUPR tercatat tengah membangun 65 bendungan, yang mana 8 bendungan yang masih proses tender sementara sisanya 57 sedang dikerjakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement