Manufaktur AS Lesu, Harga Emas Antam Naik dan Cetak Rekor Lagi

Desy Setyowati
4 September 2019, 09:22
Harga emas Antam naik Rp 10 ribu per gram dan kembali cetak rekor.
KATADATA/Agung Samosir
Harga emas Antam naik Rp 10 ribu per gram dan kembali cetak rekor.

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 10.000 menjadi Rp 775 ribu per gram pada hari ini (2/9). Harga logam mulia ini pun kembali mencetak rekor.

Kenaikan ini menyusul peningkatan harga emas dunia di pasar spot 1% pada penutupan perdagangan kemarin. Hal ini karena kekhawatiran pasar terkait ekonomi dunia meningkat.

Ahli Strategi Komoditas di TD Securities Ryan McKay mengatakan, pasar khawatir perekonomian Amerika Serikat (AS) akan terus melambat. Hal itu karena data manufaktur Negeri Paman Sam tercatat lesu.

Aktivitas manufaktur AS yang terkontraksi pada Agustus ini merupakan pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir. “Data manufaktur yang lemah akan semakin memperkuat pandangan bahwa Federal Reserve (bank sentral AS) akan perlu agresif dengan penurunan suku bunga," kata Ryan dikutip dari Reuters, Selasa (3/9) malam.

Selain itu, kekhawatiran akan isu perlambatan ekonomi dunia meningkat karena ada beberapa faktor lain. Di antaranya, ketidakpastian Brexit, politik di Italia, dan protes di Hong Kong. “Ada banyak hal yang positif untuk (kenaikan harga) emas,” kata dia.

(Baca: Investor Pantau Tensi AS-Tiongkok, Harga Emas Antam Naik Rp 5 Ribu)

Meski begitu, menurut Ahli Strategi Komoditas Senior di RJO Futures Phillip Streible ada beberapa instrumen investasi yang dianggap aman (safe haven) oleh investor, selain emas. Ia mencontohkan, surat utang AS (US Treasury) dan perak. “Dolar AS juga dipandang aman,” katanya.

Sepanjang Agustus saja, harga emas di pasar spot tercatat naik US$ 100. Harga logam mulia ini pun meningkat selama empat bulan berturut-turut, baik Antam maupun dunia.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka di bursa comex menguat 0,03% dibanding penutupan kemarin, menjadi US$ 1.556 per ons pada perdagangan 3 September, pukul 09.02 PM EDT. Sedangkan harga emas di pasar spot, turun 0,06% menjadi US$ 1.546 per ons pada pukul 09.02 PM EDT.

Sejak awal tahun ini, harga emas di pasar spot naik 20,56%. Harga logam mulia ini pun tercatat meningkat hampir 23% dari posisi terendah April lalu.

(Baca: Kenaikan Harga Emas dan Cabai Memicu Inflasi Bulan Agustus)

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam naik Rp 10.000 menjadi Rp 775 ribu per gram pada perdagangan hari ini. Harga emas penjualan kembali (buyback) juga naik Rp 8.000 menjadi Rp 699 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...