Sudah Diperiksa Aparat, DPR Percaya Nama Capim KPK dari Jokowi

Image title
4 September 2019, 19:49
KPK, DPR, Jokowi.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung KPK (12/8). Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil percaya Presiden Joko Widodo kirim 10 nama capim KPK yang tepat.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI percaya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasannya, Jokowi telah memeriksa nama-nama tersebut lewat informasi dari banyak pihak.

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil menjelaskan Jokowi bahkan melibatkan aparat untuk memverifikasi nama serta isu miring yang menggelayuti beberapa calon. Oleh sebab itu menurutnya tidak ada alasan bagi dewan untuk tak menerima capim KPK 2019-2023.

“Apa tidak mau percaya dengan presiden,” kata Nasir di Jakarta, Rabu, (4/9).

(Baca: DPR Terima Sepuluh Nama Capim KPK dari Jokowi)

Ke-10 calon akan menjalani uji kepatutan dan kelaikan di Komisi III sebelum dikerucutkan jadi lima nama sebagai komisioner. Namun Nasir tak ingin berspekulasi apakah nama yang dianggap kontroversial akan didepak atau tidak dalam proses selanjutnya. "Kami tidak mau berandai-andai,” kata Nasir.

Salah satu nama capim yang menjadi sorotan adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Firli Bahuri. Namun Anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut berharap isu ini bisa disikapi dengan bijak. Apalagi menurutnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga aparat terlibat dan memberi masukan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...