Incar 60 Juta Pemain Gim, Gojek Luncurkan GoGames

Desy Setyowati
9 September 2019, 07:50
Co-Founder Gojek Kevin Aluwi saat menjelaskan GoGames di Jakarta, Minggu (8/9). Ia menyebutkan, pemain gim di Indonesia mencapai 60 juta tahun lalu.
Gojek
Co-Founder Gojek Kevin Aluwi saat menjelaskan GoGames di Jakarta, Minggu (8/9). Ia menyebutkan, pemain gim di Indonesia mencapai 60 juta tahun lalu.

Perusahaan penyedia layanan on-demand Gojek meluncurkan GoGames, kemarin (8/9). Decacorn Tanah Air itu mencatat pasar gim di Indonesia cukup besar. Setidaknya, ada 60 juta pemain gim melalui perangkat elektronik (mobile games) tahun lalu.

Berdasarkan data Mobile Marketing Association (MMA), pemain gim di Indonesia diperkirakan mencapai 100 juta pada 2020. Co-Founder Gojek Kevin Aluwi menilai, pasar gim di Tanah Air berkembang cukup pesat.

Laporan lembaga analisis data asal Belanda, Newzoo menunjukkan, pendapatan dari industri gim di Indonesia menempati posisi ke 17 dari 100 negara. “Ini tidak secara eksklusif untuk mengakuisisi pengguna baru (pemain gim), tapi fokus memecahkan masalah di industri ini,” kata dia di Jakarta, kemarin (8/9).

(Baca: Dorong Gim Lokal Kuasai Pasar, Telkom Gelar Program Pengembangan)

Ia mencatat, ada empat tantangan di industri gim. Pertama, mencari konten untuk belajar memainkan gim. Kedua, strategi. Ketiga, memilih perlengkapan gim yang benar. Keempat, pembayaran.

Keempat persoalan itu muncul lantaran gim yang dimainkan saat ini berubah jauh dibanding beberapa tahun lalu. Ia menilai, pemain butuh strategi, kerja sama tim, kemampuan mengingat peta, membangun item yang ada di gim, dan lainnya.

Kebutuhan seperti itu banyak dicari oleh pemain gim di Indonesia. “GoGames akan menjadi ekosistem one stop untuk gamer. Kuncinya di sini adalah kami perkirakan kontribusi digital dan gaming tahun-tahun ke depan akan semakin penting di ekosistem Gojek,” katanya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...