Dorong Gim Lokal Kuasai Pasar, Telkom Gelar Program Pengembangan

Cindy Mutia Annur
26 Agustus 2019, 10:36
PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menggelar program pengembangan, Indigo Game Startup Incubation.
Telkom
PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menggelar program pengembangan, Indigo Game Startup Incubation.

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menggelar program pengembangan, Indigo Game Startup Incubation. Hal ini bertujuan untuk mendorong industri gim lokal agar bisa menguasai pasar dalam negeri.

Direktur Digital Business Telkom Faizal R Djoemadi mencatat, hampir setengah dari konten gim yang dimainkan di Indonesia berasal dari luar negeri. Padahal, rantai nilai (value chain) industri ini sekitar 10% sampai 30%.

Karena itu, perusahaannya mengembangkan inisiatif lanjutan program Indigo Creative Nation, yang spesifik pada industri gim. "Kami sangat yakin kemampuan generasi muda Indonesia dalam menciptakan konten sangat besar. Terlebih, budaya lokal yang sangat kuat dapat dikembangkan melalui konten gim," kata dia dalam siaran pers, kemarin (25/8).

(Baca: Ini Daftar Penghasilan YouTuber Gim Seperti Kimi Hime)

Faizal menyampaikan, gim mendorong kreativitas dan dapat menghasilkan keuntungan bagi pemainnya. Sebab, potensi di industri cukup banyak, mulai dari pengembangan konten, publisher, agregator, payment, dan distributor.

“Industri gim global mutakhir memiliki pendapatan kotor US$ 120 juta atau sekitar 10 kali lipat dibandingkan industri konten sejenis yakni musik dan film,” kata Faizal. Untuk itu, ia ingin mendorong bisnis pelaku usaha gim lokal.

Apalagi, menurutnya, pengguna gim di Indonesia terus tumbuh baik untuk ponsel pintar (smartphone) maupun online lewat komputer (PC). Pendapatan kotor bisnis ini diperkirakan US$ 1 juta tahun depan. Jumlahnya diprediksi tumbuh dua kali pada 2025.

Ia mengatakan, pertumbuhan industri gim tidak lain didukung oleh perekonomian  masyarakat, tersedianya infrastruktur digital, serta banyaknya pengguna smartphone di Indonesia. Untuk itu, Telkom menggelar Indigo Game Startup Incubation.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...