Jokowi Setuju Usulan Pemekaran Wilayah di Papua

Dimas Jarot Bayu
10 September 2019, 15:30
Jokowi, Papua, Pemekaran wilayah.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyetujui usulan pemekaran wilayah Papua dan papua Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pemekaran dari wilayah di Papua. Ini menanggapi usulan dari 61 tokoh Papua ketika bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9).

Salah satu tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo meminta agar pemerintah memekarkan lima wilayah adat di Papua. Jokowi setuju dengan usulan tersebut. Hanya saja, dia hanya menyepakati pemekaran untuk dua atau tiga wilayah.

Advertisement

 “Jangan banyak-banyak dulu. Mungkin sementara tidak lima dulu, kalau dua atau tiga,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Janjikan Pekerjaan di BUMN dan Swasta untuk 1.000 Sarjana Papua)

Kepala Negara mengatakan, pemerintah harus melakukan kajian terlebih dahulu sebelum rencana pemekaran tersebut direalisasikan. Sebab, pemekaran wilayah berkaitan dengan peraturan perundangan.

Menurut Jokowi, peraturan sebenarnya sudah mendukung rencana pemekaran wilayah tersebut. Meski demikian, dia ingin usulan itu bukan dari pemerintah. “Saya ingin usulan ada dari bawah, bukan dari kami,” ujarnya.

Selain menyepakati usulan pemekaran wilayah, Jokowi juga berjanji mempekerjakan 1000 sarjana asal Papua di BUMN dan perusahaan-perusahaan besar. Dia pun akan mengatur penempatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) asal Papua di berbagai provinsi lain, khususnya yang setingkat eselon I, II, dan III.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement