Blue Bird Target Operasikan 2 Ribu Taksi Listrik pada 2022

Rizky Alika
13 September 2019, 11:21
Para Mentri indonesia dan pihak Bluebird meresmikan peluncuran taksi listrik oleh Bluebird  di kantor Pusat Bluebird Group, Jakarta Selatan (22/3). Penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi Bluebir
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Para Mentri indonesia dan pihak Bluebird meresmikan peluncuran taksi listrik oleh Bluebird  di kantor Pusat Bluebird Group, Jakarta Selatan (22/3). Penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi Bluebird terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Indonesia.

PT Blue Bird Tbk (BIRD) berecana menambah dua ribu unit taksi listrik dalam dua tahun ke depan. Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Noni S. Purnomo mengatakan penggunaan taksi listrik diharapkan bisa menekan ongkos bahan bakar hingga 35%.

"Target panjangnya 5 tahun, tapi mudah-mudahan dalam waktu dua tahun ini bisa terjadi," kata Noni di Jakarta, Kamis (12/9).

Advertisement

Dia menyatakan, investasi pengadaan taksi listrik hingga saat ini masih dihitung.  Namun, untuk pendanaan, menurut dia bakal berasal dari fund raising atau pendanaan dari investor. 

(Baca: Pertama di RI, Blue Bird Operasikan 30 Taksi Listrik pada Mei 2019)

Pada Mei 2019, Blue Bird diketahui telah mengoperasikan 30 unit mobil listrik sebagai armada taksi Bluebird dan Silverbird. Jenis mobil listrik yang digunakan MPV BYD e6 A/T dan Tesla model 75D A/T.

Noni mengatakan, pihaknya merasakan manfaat penggunaan taksi listrik berupa berkurangnya bahan bakar hingga 35%. Meski begitu, dia mengakui investasi pengadaan kendaraan listrik bisa enam kali lebih mahal dari pembelian kendaraa taksi reguler.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement