DPR Pilih Firli Bahuri Jadi Ketua KPK

Image title
13 September 2019, 05:14
Firli Bahuri, KPK, DPR.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Irjen pol Firli Bahuri (kiri) terpilih sebagai Ketua KPK 2019-2023.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Keputusan diambil setelah komisi hukum menggelar rapat antar fraksi pada Jumat (13/9) dini hari tadi.

Dalam voting menentukan lima pimpinan, Firli bahkan meraih suara terbanyak yakni 56 suara. Selain Firli, ada pula nama Wakil Ketua KPK 2015-2019 Alexander Marwata yang terpilih kembali sebagai komisioner dengan suara 53 atau kedua terbanyak.

"Seluruh perwakilan fraksi menyepakati Ketua KPK adalah saudara Firli Bahuri," kata Ketua Komisi III Azis Syamsudin, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/9). 

(Baca: Firli Bahuri, Kapolda Sumsel dan Capim KPK yang Penuh Kontroversi)

Sedangkan tiga nama lainnya yang menjadi pimpinan KPK adalah Nurul Ghufron dengan 51 suara, Nawawi Pamolango yang mendapat 50 suara, dan Lili Pintauli Siregar yang memperoleh 44 suara anggota dewan.

Wakil Ketua Komisi III Erma Suryani Ranik menilai komposisi komisioner KPK terpilih merupakan yang terbaik dengan pemilihan Firli berdasarkan suara terbanyak. Terkait adanya polemik di masyarakat, Erma menilai hal itu wajar dalam proses demokrasi.

Namun dia menegaskan putusan yang diambil Komisi III telah sesuai dengan konstitusi dan kesepakatan bersama tanpa adanya intervensi. "Kami percaya lima orang ini akan bekerja dengan serius untuk memperkuat KPK memberantas korupsi,” kata Erma.

(Baca: Kongsi Besar yang Berupaya Membonsai KPK)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...