Peluang Investasi Emas Digital dan Aturan Mainnya di Bappebti

Pingit Aria
19 September 2019, 12:20
harga emas
KATADATA/Agung Samosir
harga emas

Investasi emas kini semakin mudah dilakukan secara online. Beberapa marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia pun telah menyediakan fitur investasi emas digital di platformnya. Selain persyaratan yang sederhana dengan semua proses dilakukan secara online, cicilannya pun terbilang ringan.

Yang terbaru, Bukalapak menambah pilihan investasi dalam fitur Cicil Emas sebagai bagian dari pengembangan fitur Buka Emas di platformnya. Tambahan fitur tersebut hasil kerja sama dengan startup teknologi finansial (fintech) investasi emas Pluang.

Advertisement

Bukalapak pun membidik pengguna dari kalangan milenial, pekerja produktif, hingga ibu rumah tangga untuk berinvestasi emas. Head of Investment Solution Bukalapak Dhinda Arisyiya mengatakan, per Juli lalu, pengguna fitur Buka Emas diklaim telah mencapai 2,5 juta, sedangkan pengguna platform Bukalapak mencapai 65 juta.

"Kami targetkan pertumbuhan mencapai double digit hingga akhir tahun karena kami optimistis pengguna (fitur) Buka Emas semakin lama semakin banyak," kata Dhinda saat Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (18/9).

(Baca: Susul Bukalapak dan Tokopedia, Shopee Siap Luncurkan Reksa Dana)

Ia menjelaskan, pengguna bisa mulai mencicil emas dengan jumlah minimum 1 gram dengan tenor cicilan tiga hingga 24 bulan. Besaran cicilan akan disesuaikan dengan tenor dan jumlah besaran emas yang akan diinvestasikan.

"Keuntungan dalam fitur ini adalah pengguna bisa mengunci harga emas di awal sehingga (besaran) cicilan tetap akan mengikuti harga tersebut," ujarnya. Dengan demikian, ketika harga emas berfluktuasi dalam beberapa waktu mendatang pengguna tidak terimbas pada besaran cicilannya.

Investasi emas digital juga bisa dilakukan melalui Tokopedia, salah satunya melalui kerja sama dengan PT Pegadaian (Persero). Sedangkan di Shopee, meski ada beberapa merchant yang menjual emas, namun belum ada platform khusus untuk berinvestasi emas.

Lalu, adakah regulasi khusus yang mengatur investasi emas digital? Investasi emas digital harus memenuhi persyaratan yang diatur dalam Peraturan Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) Nomor 4 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital Di Bursa Berjangka.

(Baca: Harga Emas Dunia Turun Setelah The Fed Pangkas Suku Bunga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement