Target Konstruksi Kereta Cepat Direvisi, Perolehan WIKA Diramal Turun

Image title
2 Oktober 2019, 15:32
WIKA, Wijaya Karya, Kereta Cepat Jakarta Bandung
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Sejumlah petugas mengamati replika Kereta Cepat di Casting Yard 1 KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/9/2019). Konstruksi Kereta Cepat Jakarta - Bandung sudah mencapai 27 persen dan ditargetkan beroperasi pada 2021.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) merevisi turun target konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung dari 60% menjadi 53% hingga akhir tahun ini. Seiring perkembangan ini, analis melihat kontribusi proyek tersebut ke laba bersih WIKA tak sebesar prediksi sebelumnya. Namun, analis tetap memberikan rekomendasi beli untuk saham perusahaan pelat merah tersebut.

Dalam analisis tertulis, Analis Mirae Asset Sekuritas Joshua Michael mengungkapkan target konstruksi direvisi karena adanya relokasi jalur dan fondasi di Stasiun Halim guna mencegah persimpangan jalur dengan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodabek. Selain itu, perusahaan memerlukan adaptasi dengan standar konstruksi yang ditetapkan oleh China Railway Corporation.

Advertisement

Joshua memperkirakan kontribusi Kereta Cepat Jakarta-Bandung terhadap laba bersih WIKA turun dari proyeksi sebelumnya Rp 350 miliar menjadi Rp 303 miliar. Sehingga, proyeksi laba bersih turun 1,6% menjadi Rp 2,25 triliun. "Kami mengalihkan laba bersih tersebut ke 2021,” kata dia dalam analisis tertulis yang dipublikasikan, Rabu (2/10).

(Baca: WIKA Ekspansi Bisnis di Afrika Senilai US$365 Juta )

Mirae Asset Sekuritas tetap mempertahankan rekomendasi beli untuk saham WIKA. Penurunan harga saham WIKA sebesar 17,7% sejak publikasi laporan keuangan Semester I 2019 membuat harga sahamnya reatif murah dan memberi peluang investasi. Rekomendasi beli ini disokong oleh fundamental WIKA yang dianggap masih sama.

“Kami tetap merekomendasikan Buy pada saham WIKA dengan target harga Rp 2.950, sedikit lebih redah dari sebelumnya Rp 3.000,” kata dia. Pada target harga tersebut, saham WIKA diperdagangkan dengan P/E 12x.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement