Warganet Mengeluh Twitter dan TweetDeck Down Sejak Siang Hari Ini

Penulis: Desy Setyowati dan Cindy Mutia Annur

2/10/2019, 16.46 WIB

Gangguan pada platform Twitter terjadi di banyak negara, mulai dari As, Eropa hingga Indonesia.

Twitter
YouTube
Pengguna mengeluh platform Twitter dan TweetDeck mengama

Pengguna Twitter mengeluh karena tidak bisa mengakses platform TweetDeck sejak siang hari ini (2/10). Perusahaan pengembang media sosial asal Amerika Serikat (AS) ini mengakui terjadi gangguan di platform mereka.

Namun, Twitter tidak menjelaskan penyebab permasalahan tersebut. "Kami mengalami gangguan di Twitter dan TweetDeck. Anda mungkin mengalami masalah saat menggunggah (tweeting), mendapatkan notifikasi, atau melihat pesan langsung (direct message/DM)," kata Twitter melalui akun resminya @TwitterSupport, Rabu (2/10).

Twitter hanya memastikan bahwa perusahaan tengah mengatasi persoalan tersebut. "Kami sedang mengerjakan perbaikan, dan akan segera kembali normal," demikian dikutip dari akun resmi Twitter.

(Baca: Gangguan Atas Facebook, Instagram, dan Whatsapp Terjadi di Tiga Benua)

Berdasarkan situs DownDetector.id, keluhan pengguna atas gangguan di platform Twitter terjadi sejak 9.14 PM EDT atau 8.14 WIB. Keluhan sempat menurun, lalu meningkat lagi pada sekitar 14.30 PM EDT atau sekitar 15.30 WIB.

Keluhan pengguna berasal dari banyak negara, mulai dari AS, Eropa hingga Indonesia. Pengguna Twitter yang mengeluh lewat situs atau website sebanyak 49%. Lalu, yang mengeluh lewat iPhone atau iPad  30% dan Android 20%.

(Baca: Yahoo Down, Riwayat Raksasa Uzur yang Sempat Tolak Pinangan Microsoft)

Beberapa warganet di Indonesia pun mengeluh platform Twitter yang mengalami gangguan. Keluhan terkait beberapa fitur yang tak bisa diakses seperti mengunggah gambar hingga pencarian.

"Ponselku atau Twitter yang eror? Tidak ada notifikasi dan DM?" kata salah seorang wargant dengan nama akun @antmonster. Hal senada disampaikan oleh Usman Fakih. "Twitter sedang eror ya? Trending tidak keluar dan unggah foto juga tidak bisa. Sudah di-restart tetap saja tidak muncul," kata dia melalui akun @usmanfaqih13.

Keluhan juga datang dari warganet lainnya. "Kukira internetku yang eror, ternyata Twitter," kata dia melalui akun @hanirha_. Begitu juga dengan Dian Puspita yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mengunggah gambar ataupun melihat topik populer di Twitter.

 

 

Reporter: Desy Setyowati dan Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan