Gangguan Atas Facebook, Instagram, dan Whatsapp Terjadi di Tiga Benua

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Martha Ruth Thertina

15/4/2019, 13.18 WIB

Gangguan yang dialami tiga media sosial tersebut pada Minggu (14/4) malam lebih ringan dibanding sebulan sebelumnya yang mencapai 12 jam di seluruh dunia.

Aplikasi Whatsapp WA
PXHERE.COM
Facebook, Instagram, dan Whatsapp mengalami gangguan di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat (AS) pada Minggu (14/4) malam.

Media sosial milik Facebook Inc. yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp kembali mengalami gangguan secara bersamaan pada Minggu (14/4) sore hingga malam. Menurut data Downdetector.com, gangguan atas ketiga media sosial tersebut terjadi di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat (AS).

Gangguan terjadi sejak pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan puncak gangguan pada pukul 19.00 WIB. Facebook tidak dapat diakses sejak pukul 17.31 WIB dan mendapatkan lebih dari 14 ribu laporan. Sebanyak 51% laporan gangguan newsfeed, 25% log in, dan 23% total blackout.

Instagram tidak dapat diakses mulai pukul 17.33 WIB dengan total lebih dari tujuh ribu laporan. Sebanyak 48% laporan gangguan newsfeed, 28% log in, dan 22% situs.

Sedangkan Whatsapp mengalami gangguan mulai pukul 17.58 WIB dengan total lebih dari tiga ribu laporan. Sebanyak 41% laporan ganguan koneksi, 38% gangguan mengirim dan menerima pesan, dan 19% log in.

(Baca: Mark Zuckerberg akan Integrasikan Whatsapp, Instagram, dan Facebook)

Juru bicara Facebook Inc. telah meminta maaf kepada para pengguna aplikasinya. “Beberapa orang mungkin mengalami masalah untuk rtersambung ke aplikasi kami. Masalahnya telah diatasi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujarnya melalui surat elektronik e-mail, seperti dikutip Bloomberg.

Netizen sempat mengeluhkan kekecewaannya terhadap gangguan tersebut di linimasa Twitter. Beberapa tagar seperti #FacebookDown #InstagramDown dan #WhatsappDown sempat menjadi Trending Topic di Twitter pada Minggu malam.

Gangguan Berulang

Ketiga media sosial milik Facebook Inc., yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp bukan kali ini saja mengalami gangguan. Gangguan berat baru saja terjadi yaitu pada 14 Maret 2019. Gangguan tersebut diklaim sebagai gangguan paling luas dan terlama sejak 2014 karena berlangsung lebih dari 12 jam di seluruh dunia.

Bahkan, koresponden teknologi BBC Dave Lee menyebut gangguan ini sebagai yang terparah dalam sejarah Facebook. “Lamanya waktu dan besarnya jumlah user yang terpengaruh menjadikan gangguan ini yang terburuk dalam sejarah Facebook,” ujarnya seperti dikutip dari BBC.com.

(Baca: Path, Google+ hingga Friendster Tumbang, Tak Ada Yang Saingi Facebook)

Lewat akun Twitter-nya, Facebook menyampaikan gangguan terjadi akibat perubahan konfigurasi server. Hal ini menyebabkan banyak orang kesulitan mengakses aplikasi tersebut.

Pada Januari 2019, Instagram dan Whatsapp juga sempat mengalami gangguan. Begitu juga pada November 2018, Facebook, Instagram, dan Whatsapp dilaporkan mengalami gangguan hingga 13 jam di beberapa bagian Amerika Utara, meskipun di Indonesia gangguan hanya terjadi sekitar 30 menit pada tengah malam.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan