Joaquin Phoenix, Heath Ledger dan Pemeran Joker Terpopuler Lainnya

Penulis: Pingit Aria

3/10/2019, 16.43 WIB

Karakter Joker juga pernah diperankan oleh Jack Nicholson dan Jared leto.

Poster film Joker pada saat pemutaran perdana di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 29 September 2019.
TWITTER @jokermovie
Poster film Joker pada saat pemutaran perdana di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 29 September 2019.

Film Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix telah tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 2 Oktober 2019, kemarin. Film itu pun mendapat sambutan yang baik dari penonton. Film ini juga diprediksi akan menghiasi nominasi Oscar 2020 mendatang.

Sebagai salah satu karakter dari DC Comics, film Joker yang sudah puluhan kali digarap sejak tahun 1940 silam. Karakter Joker yang merupakan antihero dari Batman selalu menarik perhatian. Meski tak memiliki kekuatan super, sosok Joker selalu berhasil menarik perhatian pecinta komik dan film atas kekejaman dan kegilaannya.

Dari tahun ke tahun, sosok badut psikopat ini pun telah menarik beberapa aktor kenamaan untuk memerankannya. Di antaranya, empat yang paling populer adalah:

1. Jack Nicholson

Jack Nicholson memainkan Joker pada film Batman (1989) garapan sutradara Tim Burton. Dalam film ini Nicholson dianggap mampu menampilkan karakter Joker dengan selera humor gelapnya dapat membunuh siapa saja tanpa alasan.

(Baca: Sony dan Disney Sepakat, Spider Man Kembali Jadi Bagian Marvel)

Dalam film ini juga Joker digambarkan berambut hijau dengan kulit putih. Penampilannya yang aneh terjadi akibat pertarungannya dengan Batman. Diceritakan, pertarungan itu membuat Joker jatuh ke tanki berisi limbah kimia yang merusak kulit dan rambutnya.

2. Heath Ledger

Aktor muda Heath Ledger memenangkan penghargaan kategori Best Supporting Actor dalam ajang Academy Awards (Oscar) karena perannya sebagai Joker pada film yang digarap oleh Christopher Nolan, The Dark Knight (2008). Namun, ia tak sempat menerima penghargaan itu. Ledger mengalami overdosis dan meninggal dunia setelah menyelesaikan syuting.

Dalam film ini, Joker digambarkan dengan palet warna yang sudah menjadi ciri khasnya. Wajahnya dipenuhi dengan cat yang dibuat untuk menutupi bekas luka yang ada di mulut si Joker. Ledger mampu mengeluarkan sisi sadis Joker, yang bisa membunuh tanpa emosi.

3. Jared Leto

Joker yang satu ini masih sangat segar karena baru muncul pada 2016 lalu dalam film garapan David Ayer, Suicide Squad. Vokalis band 30 Seconds to Mars ini memainkan sosok Joker yang suka menyiksa dan membunuh. Meski, beberapa kritikus menilainya gagal. Saat diperankan Leto, sosok Joker hanya terlihat aneh, bukan sadis.

(Baca: Kepala Bekraf Ungkap Rencana Produksi Film Dunia di Indonesia Rp 1,4 T)

4. Joaquin Phoenix

Dalam film teranyar yang dirilis 2019 ini, Joaquin Phoenix akan memerankan sosok asli Joker, yakni Arthur Fleck dan sisi lain kehidupannya yang kelam. Dalam film ini, sutradara Todd Phillips menampilkan asal-usul Joker hingga ia menjadi penjahat.

Phoenix harus menurunkan berat badan hingga 23,5 kilogram untuk memerankan Joker dalam film ini. "Ternyata itu mempengaruhi psikologi orang," katanya dalam wawancara pada The Hollywood Reporter. Ia melanjutkan, "Orang benar-benar mulai menjadi gila ketika kehilangan berat badan sebanyak itu dalam waktu singkat.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan