KFC Gantikan Pepsi dengan Coca-Cola Secara Bertahap

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Martha Ruth Thertina

3/10/2019, 19.59 WIB

“Kami sudah persiapkan pengalihan ini sebaik-baiknya dan KFC akan bekerja dengan Coke selanjutnya," Direktur FAST Justinus Dalimin Juwono.

Pepsi, Coca-Cola, KFC
123RF.com/TEA
Mesin dispenser Pepsi di sebuah restoran makanan cepat saji di Saint Petersburg, Rusia. Foto diambil Oktober 2017.

PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), pemegang merek Kentucky Fried Chicken (KFC), menyatakan mulai menggantikan produk PepsiCo dengan produk dari Coca-Cola Company secara bertahap. Ini menyusul keluarnya PepsiCo dari pasar Indonesia.

“Kami sudah persiapkan pengalihan ini sebaik-baiknya dan KFC akan bekerja dengan Coke selanjutnya," ujar Direktur FAST Justinus Dalimin Juwono, kepada katadata.co.id, Kamis (3/10).

Ia menjelaskan, seiring keluarnya PepsiCo dari Indonesia, maka pasokan minuman ringan dari perusahaan tersebut akan berhenti. Maka itu, peralihan perlu dilakukan. “Beralih bertahap sejak Oktober ini dan customers enggak ada masalah,” kata dia.

(Baca: Pepsi dan Coca-Cola, dari Perang Hingga Kompak Rambah Bisnis Baru)

PepsiCo hengkang dari Indonesia setelah kontraknya berakhir dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) untuk memproduksi, menjual, dan mendistribusikan produk minimum keluarannya. Adapun kontrak tersebut berakhir pada 10 Oktober 2019.

Sejauh ini, belum ada penjelasan mengenai penyebab tidak adanya perpanjangan kontrak. Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Adhi S. Lukman juga mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi remsi mengenai kerja sama tersebut.

Adhi menjelaskan hengkangnya perusahaan minuman asal Amerika Serikat itu perlu dikaji lagi lebih lanjut, karena banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. "Misalnya karena pasar minuman ringan soda mulai kurang menarik. Semua bisa terjadi,” ujarnya.

(Baca: Siap Hengkang dari RI, Pemerintah Bakal Rayu Pepsi Demi Investasi?)

Minuman bersoda Pepsi pertama kali diproduksi pada 28 Agustus 1898 oleh ahli farmasi Caleb Bradham, dan resmi menjadi merek dagang pada 1903. Di Indonesia, Pepsi dan minuman ringan milik PepsiCo lainnya diproduksi di pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dan didistribusikan oleh PT. Indofood Asahi Sukses Beverage.

PT Indofood Asahi Sukses Beverage merupakan perusahaan patungan antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia. Perusahaan memproduksi Pepsi dan minuman ringan milik PepsiCo lainnya dalam kemasan 330 mL, 410 mL, 500 mL dan 1500 mL.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan