Bentrok dengan Car Free Day, Pelantikan Jokowi Diundur

Ameidyo Daud Nasution
8 Oktober 2019, 21:24
MPR, Jokowi, Pelantikan, Car Free Day.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 menjadi Minggu, (20/10) pukul 16.00 WIB. Sebelumnya pengambilan sumpah dijadwalkan hari yang sama pukul 10.00 WIB.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memundurkan jam pelantikan Joko Widodo  (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 menjadi Minggu, (20/10) pukul 16.00 WIB. Sebelumnya pengambilan sumpah dijadwalkan hari yang sama pukul 10.00 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo beralasan mundurnya pelantikan lantaran bentrok dengan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (car free day). Bambang khawatir jika acara dilaksanakan pagi hari, akan menutup akses warga. Selain itu, dia memberikan waktu bagi warga yang akan beribadah pagi terlebih dulu.

Advertisement

"Apalagi ada tamu kepala negara sahabat yang hadir sehingga kalau pagi hari akan mengganggu masyarakat yang olahraga,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (8/10).

(Baca: Jokowi Umumkan Kabinet Baru Usai Pelantikan )

Bambang juga berharap tidak ada yang mengganggu ketertiban saat pelantikan Presiden dan Wapres. Dia khawatir jika demonstrasi terjadi, citra Indonesia di mata internasional akan rusak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement