Pasca Tutup Petral, Pertamina Buka Lagi Kantor Pemasaran di Singapura

Image title
8 Oktober 2019, 12:53
Pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08). Pertamina membuka kantor pemasaran di Singapura untuk mengincar pasar BBM di Asia Tenggara dan pasar LPG di Tiongkok.

PT Pertamina (Persero) kembali membuka kantor pemasaran di Singapura. Kali ini melalui anak usahanya Pertamina International Marketing and Distribution (PIMD).

Padahal Pertamina sudah menutup kantor di negeri singa tersebut pada 2015. Sebab, anak usahanya, Pertamina Energy Trading Ltd (Petral), masuk dalam pusaran kasus mafia migas.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menegaskan PIMD berbeda dengan Petral. Menurutnya, Petral merupakan trading arm Pertamina untuk impor minyak mentah dan produk untuk kebutuhan domestik.

Sedangkan PIMD merupakan trading arm Pertamina yang menjual produk Pertamina dan produk pihak ketiga ke pasar international. Produk yang dijual PIMD saat ini adalah MFO 380 untuk BBM kapal laut.

"Dalam hal ini, PIMD juga difokuskan untuk menangkap peluang besar di bisnis bunkering, terutama di Singapura, dengan memanfaatkan fasilitas blending MFO 380 dari TBBM Pertamina di Sambu," kata Fajriyah ke Katadata pada pekan lalu.

(Baca: KPK Tetapkan Mantan Bos Petral Sebagai Tersangka Suap Migas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...