Global Lesu, Darmin Sebut Ekonomi RI Lebih Aman Dibanding Singapura

Agatha Olivia Victoria
9 Oktober 2019, 14:42
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan tumbuh di level 5%, meski kondisi ekonomi global makin tak pasti akibat perang dagang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution masih optimistis perekonomian Indonesia mampu tumbuh di level 5% pada tahun ini meski ekonomi global makin tak pasti akibat perang dagang. Menurut Darmin, dampak perekonomian terhadap Indonesia masih lebih minim dibandingkan dengan yang dihadapi negara tetangga. 

"Ada dampaknya. Tapi tak sebanyak Malaysia apalagi Singapura," kata Darmin di Kompleks Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (9/10).

Darmin tak menampik kondisi ekonomi global berpengaruh pada kinerja ekspor Indonesia yang melambat pada tahun ini. Apalagi, dua negara yang sedang terlibat perang dagang, yakni Amerika Serikat dan Tiongkok merupakan negara tujuan ekspor terbesar.

 (Baca: Ditopang Konsumsi, BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Capai 5,1%)

BPS  mencatat total ekspor pada Agustus mencapai US$ 14,28 miliar, turun 7,6% dibanding bulan lalu atau 9,9% dibanding periode yang sama tahun lalu . Sedangkan impor tercatat turun 8,53% secara bulanan atau 15,6 persen secara tahunan menjadi US$ 14,2 miliar.

Namun, menurut dia, porsi ekspor dan impor Indonesia terhadap perekonomian tak setinggi Malaysia, Singapura, dan Thailand. Oleh karena itu, ia optimis ekonomi Indonesia lebih tahan banting dibanding negeri jiran dalam menghadapi ketidakpastian global. 

(Baca: Sri Mulyani: IHSG Anjlok karena Faktor Global dan Politik dalam Negeri)

Ia menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan masih akan ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Berdasarkan data BPS, konsumsi rumah tangga tumbuh mencapao 5,17% dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi sebesar 5,05% pada kuartal II 2019. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...