Indonesia Kendaraan Terminal Serap 80% dari Dana IPO untuk Beli Aset

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Happy Fajrian

15/10/2019, 20.58 WIB

Dana IPO dipakai untuk memperluas lahan, sewa lahan serta membangun gedung parkir vertikal.

indonesia kendaraan terminal, ipo ipcc,
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Kendaraan petugas PT Indonesia Kendaraan Terminal (PT IKT) melintas di samping mobil yang siap diekspor di IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. IPCC telah menghabiskan 80% dana yang didapatkan dari IPO sebesar Rp 835 miliar untuk menambah aset lahan, sewa lahan, serta untuk membangun gedung parkir vertikal.

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) menyatakan hingga awal Oktober 2019 perseroan telah menyerap 70-80% dana dari pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). IPO tersebut telah dilakukan pada pertengahan tahun lalu, dan meraup dana sekitar Rp 835 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama IPCC Salusra Wijaya menyatakan dana IPO tersebut telah digunakan untuk pembelian aset, sewa lahan, dan pembuatan gedung parkir. Adapun pada tahun ini perusahaan telah merencanakan pembuatan gedung parkir vertikal di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Jadi proyek gedung parkir vertikal itu akan menampung 300 ribu unit mobil. Kami akan optimalkan seluruh dana IPO," kata Salusra saat ditemui di Gedung BEI, Selasa (15/10).

(Baca: Anak Usaha Pelindo II Lepas 28% Saham ke Publik)

Adapun investasi untuk pembangunan proyek tersebut diproyeksikan sekitar Rp 90 miliar. Saat ini prosesnya masih dalam tahap uji kelayakan (feasibility studies), dan kajian risiko. Ditargetkan akhir bulan ini telah dilakukan peletakan batu pertama (ground breaking), dan tahun depan ditargetkan sudah bisa beroperasi.

Untuk meningkatkan volume kendaraan, IPCC juga terus memperluas terminal. Sejak pertengahan tahun lalu pihaknya sudah memperluas lahan sekitar 34 hektare (Ha). Hingga akhir tahun ditargetkan bisa memperluas lahan 1-2 Ha lagi.

IPCC merupakan anak usaha dari Pelindo II yang dirancang khusus untuk terminal komersial yang menyediakan layanan di terminal mobil. Layanan ini termasuk Stevedoring, Cargodoring, Receiving, dan Delivery. Selain itu, terminal ini juga melayani Value Added Services yang meliputi Vehicle Processing Center, dan Equipment Processing Center, Road Freight Services, dan Port Stock.

IPCC juga menyediakan Layanan Tol Laut atau Tol Maritim dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi angkutan barang yang selama ini menggunakan angkutan darat beralih menjadi angkutan laut.

(Baca: Indonesia Kendaraan Terminal Tunjuk Salusra Wijaya Jadi Plt Dirut)

Reporter: Fariha Sulmaihati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan