Presiden Tiongkok Utus Wakilnya Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Penulis: Ekarina

15/10/2019, 10.05 WIB

Kehadiran Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan ke Indonesia dalam rangka memenuhi undangan pemerintah.

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping bakal menugaskan wakilnya, Wang Qishan untuk menghadiri pelantikan presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden Ma'ruf Amin pada 20 Oktober mendatang di Jakarta. Prosesi pelantikan bakal dihadiri sejumlah tamu negara sahabat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam keterangannya mengatakan, kehadiran Wakil Presiden Wang Qishan ke Indonesia dalam rangka memenuhi undangan pemerintah. 

"Wang Qishan akan menjadi utusan khusus Presiden Xi untuk menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 20 Oktober," dikutip dari Antara, Selasa, (15/10).

(Baca: Trump Kirim Menteri Transportasi AS Hadiri Pelantikan Jokowi-Amin)

Setelah dari Jakarta, Wapres Wang akan terbang ke Tokyo untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito pada Selasa (22/10).

Mantan Wali Kota Beijing itu menyatakan memiliki kesan tersendiri dengan Indonesia karena sudah pernah mengunjungi Jakarta.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April lalu, Wang juga menerima kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiga bulan setelahnya, ia juga diketahui menerima kunjungan Presiden Indonesia kelima Megawati Sukarnoputri di Beijing.

Saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, Wapres Wang menyampaikan kekagumannya kepada mendiang Soekarno atas inisiatifnya menggelar Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Selain Tiongkok, seterunya dalam perang dagangnya juga bakal bertandang ke Jakarta.

(Baca: Usai Kunjungi Istana, Prabowo Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Maruf)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sebelumnya mengkonfirmasi akan mengirimkan delegasi untuk menghadiri prosesi pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berdasarkan keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Indonesia, Sabtu (12/10), delegasi dari Negeri Adidaya tersebut akan dipimpin oleh Menteri Transportasi AS, Elaine L. Chao yang akan didampingi oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan.

Jadwal Pelantikan

Setelah mengaalami beberapa kali perubaha, jadwal pelantikan presiden Jokowi pada 20 Oktober  akhirnya ditetapkan.

Semula pelantikan dijadwalkan berlangsung Minggu (20/10) pukul 10.00, namun diundur menjadi pukul 16.00 karena bertabrakan dengan car free day dan jadwal ibadah umat Nasrani.

Namun Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat memajukan jadwal tersebut ke pukul 14.00 pada hari yang sama. Ketua MPR Bambang Soesatyo beralasan pukul 14.00 dianggap waktu yang ideal dengan jadwal masyarakat karena pukul 16.00 dikhawatirkan terlalu dekat dengan jadwal salat Maghrib.

“Karena car free day berakhir sekitar pukul 11.00-12.00 WIB. Yang muslim juga sempat salat Ashar begitu pelantikan selesai," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

(Baca: Bentrok dengan Pelantikan Jokowi, Jadwal Jakarta Fashion Week Mundur)

Usulan terbaru ini telah disampaikan kepada Setjen MPR, protokoler Istana, serta Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Selain itu, MPR juga akan berkoordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Menteri Luar Negeri, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Mudah-mudahan acara pelantikan berjalan lancar, sehingga menjadi gambaran situasi politik yang baik bagi dunia internasional," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

 

 

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan