Sandiaga Uno, Cawapres Prabowo yang Disebut Bakal Jadi Menteri Jokowi

Pingit Aria
15 Oktober 2019, 19:56
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di kediaman Prabowo, Jakarta Selatan,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di kediaman Prabowo, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019). Prabowo-Sandi menyatakan menghormati dan menerima putusan MK yang menolak gugatannya.

Lewat Instagram, Sandiaga Uno mengumumkan dirinya kembali ke Partai Gerindra. Dalam video berdurasi 28 detik itu, Sandiaga bergaya bak Superman yang hendak beraksi dengan membuka kemeja batik, menampilkan kaus bertuliskan ‘Gerindra’.

“Saya kembali,” demikian yang dituliskan Sandiaga dalam keterangan video itu, Selasa (15/10). Kembalinya Sandiaga ke Gerindra bertepatan dengan isu yang menyebut dirinya akan menjadi menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Advertisement

Sebelumnya, Sandiaga keluar dari Partai Gerindra pada Agustus 2018 lantaran maju bersama Ketua Prabowo Subianto ke Pemilihan Presiden 2019. Ia mundur dari Gerindra agar bisa diterima oleh dua parpol lain, yakni PAN dan PKS. Sebab, jika Sandiaga tidak keluar, capres-cawapres berasal Gerindra.

Suami Nur Asia Uno ini kemudian vakum dari politik usai Pilpres 2019 yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Kini, setelah beberapa kali pertemuan antara Prabowo dan Jokowi, juga beberapa petinggi partai koalisinya seperti Megawati Sukarnoputri dan Surya Paloh, tiba-tiba nama Sandiaga disebut-sebut sebagai calon menteri.

Seorang petinggi Gerindra menyebut nama Sandiaga diusulkan sebagai calon menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf, bersama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo dan Fadli Zon.

(Baca: Di Tengah Isu Calon Menteri, Sandiaga Uno Kembali ke Gerindra)

Dari tiga nama, Edhy merupakan sosok yang paling kuat untuk dicalonkan menteri. "Kami sudah tawarkan ke Pak Jokowi, tapi itu hak prerogratif untuk menentukannya," kata sumber tersebut.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement