Pemerintah Pesimistis Target KUR Sektor Produktif Tahun Ini Tercapai

Agatha Olivia Victoria
16 Oktober 2019, 14:57
KUR
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Pemerintah menargetkan porsi penyaluran KUR untuk sektor produktif pada tahun ini mencapai sekitar Rp 84 triliun atau 60% dari total target KUR sebesar Rp 140 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pesimis target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor produksi pada tahun ini dapat tercapai. Tahun ini, pemerintah menargetkan porsi penyaluran KUR untuk sektor produktif mencapai sekitar Rp 84 triliun atau 60% dari total target KUR sebesar Rp 140 triliun.

"Tahun ini sebenarnya 60%. Tapi saya lihat mulai tidak tercapai ini 60%," kata Darmin dalam acara Zilingo di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Rabu (16/10).

Advertisement

Meski demikian, pemerintah optimis target penyaluran KUR secara keseluruhan dapat tercapai Sepanjang Januari-Agustus 2019, penyaluran KUR telah mencapai Rp 120 triliun.

(Baca: Penyaluran KUR, Darmin Sebut Kredit Macet TKI Paling Tinggi )

Penyaluran KUR kepada sektor produksi diprioritaskan untuk mendorong pergerakan sektor mikroekonomi. Pada 2017, realisasi penyaluran KUR produksi telah mencapai 42,3%, sedikit lebih tinggi dari yang ditargetkan 40%. Namun, pada 2018 realisasinya hanya mencapai 46,8% dari yang ditargetkan 50%.

Meski pesimis tak sesuai target di tahun ini, Darmin tetap merasa bahwa target 60% tersebut tak akan diturunkan pada tahun depan. "Tidak akan turun. Kemungkinan tetap. Kita mau maju terus, usahakan saja supaya sektor produksinya benar-benar berkembang," ucap dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement