BI Dorong Kolaborasi Bank dan Fintech Agar Bunga Pinjaman Turun

Desy Setyowati
24 September 2019, 21:59
BI menilai, kolaborasi fintech dan bank terkait data bisa menurunkan bunga pinjaman
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Tanamduit di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). BI menilai, kolaborasi fintech dan bank terkait data bisa menurunkan bunga pinjaman.

Bank Indonesia (BI) mengatakan, bunga pinjaman berpotensi turun jika perbankan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi finansial (fintech). Sebab, integrasi data berpeluang menurunkan premi risiko (risk premium) atas kredit yang diberikan.

Saat ini, BI menginisiasi pembentukan data hub guna menampung informasi terkait transaksi pembayaran. “Semakin banyak yang di-share atau dikolaborasi, itu akan tumbuh,” kata Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Erwin Haryono di sela-sela acara Fintech Summit di JCC, Jakarta, kemarin (23/9).

Advertisement

Fintech menggunakan teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) hingga mesin pembelajar (machine learning) untuk mengenal calon peminjam atau nasabahnya. Dengan begitu, fintech bisa melakukan penilaian kredit (credit scoring) sendiri.

“Misalnya, bank sulit memberi kredit ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena dia tidak kenal, jadi premi risikonya tinggi. Mungkin ada fintech yang mengenal UMKM lewat credit scoring, jadi premi risikonya bisa rendah, bunga pinjamannya juga,” kata dia.

Bank ataupun lembaga keuangan biasanya menerapkan premi risiko yang tinggi jika calon peminjam belum memiliki catatan transaksi pembayaran. Selain itu, perusahaan bakal meninjau kemampuan bayar calon peminjam.

(Baca: Diduga Kartel Terkait Bunga Pinjaman, Begini Jawaban Asosiasi Fintech)

Karena itu, ia mendorong perbankan dan fintech berkolaborasi, salah satunya terkait data transaksi. “Apa yang bisa di-share? Data apa saja. Itu ide dari open application programming interface (API). Misalnya dengan kolaborasi itu, dia (Lembaga keuangan) bisa beri pendanaan yang lebih bagus, itu (menjadi) penting. Itu kontribusinya real,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement