Harapan Sri Mulyani dan Para Menteri untuk 5 Anggota BPK 2019-2024

Agatha Olivia Victoria
17 Oktober 2019, 15:30
anggota bpk, mahkamah agung
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Mahkamah Agung (MA) telah melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk periode 2019-2024 pada hari ini, Kamis (17/10).

Mahkamah Agung (MA) melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih pada hari ini, Kamis (17/10). Beberapa menteri kabinet kerja seperti Sri Mulyani, Budi Karya Sumadi, Rini Soemarno, dan Susi Pudjiastuti terlihat menghadiri acara tersebut.

Ditemui usai acara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat mengutarakan harapannya terhadap kelima anggota BPK yang baru. "Tentu saya berharap BPK sebagai eksternal auditor dapat memberi mandat dasar serta menjalankan tugas untuk menjaga tata kelola negara dan keuangan negara secara baik," kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10).

Temuan BPK dinilai Sri Mulyani sangat penting bagi keuangan negara. Dari sisi pemerintah, ia mengaku selama ini telah menggunakan temuan serta saran BPK tersebut untuk memperbaiki pengelolaan keuangan negara. 

"Baik dari sisi aset, maupun pengelolaan penggunaan belanja atau aspek-aspek kepatuhan pada Undang-Undang Dasar," ucap dia.

(Baca: Mahkamah Agung Lantik Lima Anggota BPK 2019-2024)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun turut menyampaikan harapan yang sama. Menurut ia, BPK adalah lembaga yang penting dalam struktur bernegara.

Ia menuturkan, pendapat BPK adalah alat untuk menjalani kegiatan di masa datang. Dari masukan BPK, ia mengaku terus melakukan pengamatan, evaluasi dan perbaikan dalam kementerian. Dari temuan-temuan tersebut pun, terdapat banyak hal yang bermanfaat bagi kemajuan tiap lembaga. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...