Jelang Kabinet Baru, PDIP Pantau Kursi Mendikbud

Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2019, 12:39
Mendikbud, PDIP, Kabinet, Hasto
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kiri) dalam keterangan tertulisnya (17/10) mengatakan partai PDIP memberi perhatian besar kepada posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

PDI Perjuangan mulai menyoroti kursi kabinet yang dianggap vital pada pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendatang. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partai banteng memberi perhatian besar kepada posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasto beralasan Kemendikbud adalah tulang punggung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang jadi sasaran pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Dia mengatakan kemajuan bangsa hanya bisa diraih jika SDM dikembangkan.

“Dengan menitikberatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi bangga dengan kemampuan bangsa sendiri,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/10).

(Baca: Banyak Bocoran Nama Menteri, Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung)

Hasto juga merasa kehadiran Badan Riset Nasional diperlukan untuk membenahi SDM. Dia menjelaskan peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan dengan penguasaan ilmu sains dasar. Sedangkan pengembangan ilmu lain seperti teknik penting dalam peningkatan produktivitas di bidang kelautan dan pertanian.

“Ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, serta biologi,” kata Hasto.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...