RI Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB Periode Kelima

Image title
Oleh Ekarina
18 Oktober 2019, 09:48
Para anggota delegasi yang hadir dalam Sidang Terbuka Dewan Keamanan PBB.
KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI
Para anggota delegasi yang hadir dalam Sidang Terbuka Dewan Keamanan PBB .

Indonesia kembali terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022, mewakili kawasan Asia Pasifik. Posisi ini kembali ditempati setelah Indonesia unggul dalam proses pemilihan dengan total perolehan 174 suara.

Ini merupakan kelima kalinya Indonesia masuk sebagai anggota dewan HAM PBB yaitu. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi anggota Dewan HAM sebanyak empat kali, yaitu pada 2006-2007 (founding member), 2007-2010, 2011-2014 dan 2015-2017.

"Bersyukur bahwa di akhir masa kerja Presiden Jokowi periode pertama, kita sekali lagi dapat menyukseskan pencalonan Indonesia di Dewan HAM. Kita berhasil dengan suara terbanyak," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, dikutip dari Antara,  Jumat (18/10). 

(Baca: Revisi UU KPK Tak Sesuai Konvensi PBB, Wakil Ketua KPK: Lawan!)

Pemungutan suara dilaksanakan secara rahasia dan tertutup.  Adapun Indonesia unggul dengan 174 suara, melampaui Jepang dengan dengan 165 suara, Korea Selatan dengan 165 suara, serta Kepulauan Marshall dengan 123 suara.

Pemilihan kali ini dilaksanakan untuk mengisi 14 kursi Dewan HAM PBB mewakili kawasan Afrika, Asia Pasifik, Eropa Timur, Amerika Latin dan Karibia, serta Eropa Barat.

Adapun keempat negara tersebut akan mewakili kawasan Asia Pasifik untuk duduk di kursi Dewan HAM PBB.

Retno menyatakan kemenangan Indonesia merupakan buah kerja keras para diplomat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang telah melakukan lobi dan kampanye mengenai pencalonan Indonesia untuk Dewan HAM PBB sejak tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...