Dipanggil Jokowi ke Istana, Kapolri: Lapor Situasi Keamanan

Dimas Jarot Bayu
21 Oktober 2019, 13:20
Kapolri, kabinet, menteri, Tito Karnavian.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kepala polisi Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tito Karnavian (kanan) beserta jajaran mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (21/10/2019). Dia mengatakan kedatangannya membahas situasi keamanan dengan Jokowi.

Kapolri Jenderal (Polisi) Tito Karnavian jadi salah satu orang yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10). Berbeda dengan calon anggota kabinet Jokowi yang datang mengenakan kemeja putih, Tito datang berseragam lengkap Polri.

Tito kali ini datang melalui pintu belakang Istana pukul 12.07 WIB. Padahal, dia biasanya datang melalui gerbang Wisma Negara.  Ia berkilah kedatangannya hari ini hanya untuk melaporkan pengamanan saat dan usai pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Advertisement

“Saya kira ini mengenai situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

(Baca: Selain Prabowo, Tito dan Budi Gunawan Disebut Berpeluang Jadi Menteri)

Menurut Tito, dirinya dan Jokowi tak akan membahas soal pengisian posisi menteri di kabinet periode kedua. Dia lantas meminta agar awak media menunggu selesainya pertemuan. “Nanti lihat saja setelah ini,” kata Tito.

Berdasarkan sumber Katadata.co.id, Tito merupakan salah satu calon menteri kabinet Jokowi, meski belum terang benar pos yang akan didudukinya. "Nama Jenderal Tito masuk (daftar calon menteri). Kalau jadi menteri, sudah disiapkan juga tiga calon Kapolri baru," kata sumber Katadata.co.id di pemerintahan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement