Gandeng Schlumberger, Elnusa Raih Kontrak US$ 95,6 Juta di Mahakam

Image title
21 Oktober 2019, 19:06
Elnusa
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, logo PT Elnusa Tbk. Elnusa bekerja sama dengan Schlumberger dalam kontrak cementing di Blok Mahakam. Nilai kontrak tersebut mencapai US$ 95,6 juta.

PT Elnusa (Tbk) membentuk konsorsium dengan PT Dowell Anadrill Schlumberger untuk penyediaan jasa cementing di wilayah operasi rawa-rawa delta Mahakam. Nilai kontrak kerja sama tersebut mencapai US$ 95,6 juta.

Kontrak berdurasi hingga Oktober 2021 dengan komitmen TKDN sebesar 35,11%. Cementing merupakan salah satu prosedur dalam kegiatan pengeboran sumur migas, yakni memompakan sejenis semen khusus ke dalam lubang sumur.

Direktur Utama PHM Eko Agus Sardjono menyebut kerja sama dengan Schlumberger merupakan upaya perusahaan mendukung kegiatan operasi Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Selain itu, kerja sama tersebut juga dapat meningkatkan kapasitas perusahaan nasional. 

Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas Erwin Suryadi berharap bakal ada alih teknologi cementing kepada perusahaan dalam negeri sehingga ke depan bisa mandiri. Terlebih lagi, pengerjaan jasa cementing berisiko tinggi karena berkaitan langsung dengan keselamatan operasi.

(Baca: Pertamina Hemat Biaya 37% dengan Pengeboran Tanpa Rig di Blok Mahakam)

"Dalam beberapa tahun ke depan, perusahaan dalam negeri harus menjadi pemain utama dalam kegiatan pengeboran di Indonesia," ujarnya seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis Senin (21/10).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...