Profil Nadiem Makarim, Pendiri Gojek Yang Jadi Calon Menteri Jokowi

Pingit Aria
21 Oktober 2019, 14:03
CEO Gojek Nadiem Makarim
Gojek
CEO Gojek Nadiem Makarim

Menjelang pengumuman kabinet kerja jilid II, Nadiem Makarim dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana. Berkemeja putih dengan celana hitam, Nadiem disebut bakal masuk dalam bursa menteri kabinet Jokowi untuk periode 2019-2024.

Untuk itu, Nadiem pun meninggalkan jabatannya sebagai CEO Gojek. “Terhitung hari ini, (saya) sudah sama sekali tidak ada posisi maupun kewenangan, atau kekuasaan apapun di dalam Gojek,” kata Nadiem yang juga salah satu pendiri Gojek, Senin (21/10).

Selain dikenal sebagai CEO dan founder Gojek, siapakah Nadiem Makarim?

Nadiem berasal dari keluarga terpandang. Ayahnya, Nono Anwar Makarim adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka keturunan Minang dan Arab. Nono juga merupakan salah satu tokoh senior yang diundang Jokowi ke Istana untuk membahas kemungkinan penerbitan Perppu KPK, 26 September 2019 lalu.

(Baca: Nadiem Masuk Kabinet Baru Jokowi, Gojek Tunjuk Penggantinya)

Nadiem pun mendapatkan pendidikan yang baik. Masa remajanya dihabiskan sembari menempuh pendidikan menengah di Singapura, lalu New York, Amerika Serikat (AS).

Ia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di universitas-universitas Ivy Leage di AS. Pertama, ia masuk ke Brown University, sebuah kampus di Rhode Island, Amerika Serikat. Dari situ, ia melanjutkan kuliah pasca sarjana di Harvard Business School dan meraih gelar Master of Business Administration.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...