Saham Erick Thohir dan Sandiaga Uno Melesat Tunggu Pengumuman Kabinet

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Agustiyanti

21/10/2019, 10.50 WIB

Saham perusahaan milik Erick Tohir dan Sandiaga Uno terpantau naik. Keduanya dikabarkan masuk dalam bursa calon menteri kabinet baru Jokowi periode dua.

erick tohir, sandiaga uno
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi. Saham perusahaan milik Erick Tohir dan Sandiaga Uno terpantau naik. Keduanya dikabarkan masuk dalam bursa calon menteri kabinet baru Jokowi periode dua.

Investor tengah menanti susunan kabinet baru pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan diumumkan pada hari ini, Senin (21/10). Saham perusahaan milik Erick Tohir dan Sandiaga Uno yang dikabarkan bakal masuk dalam kabinet baru periode kedua Jokowi terpantau naik. 

Saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) bergerak naik dengan dibuka dengan melaju naik 2,73% menjadi berada di harga Rp 188 per saham. Bahkan, saham perusahaan milik Erick Thohir, yang merupakan mantan Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma'aruf, sempat menyentuh level tertingginya hari ini dengan menguat 9,28% menjadi di level Rp 200 per saham.

Hingga pukul 09.16 WIB, saham Mahaka Media diperdagangkan dengan volume sebanyak 66,9 juta saham, dengan nilai transkasi Rp 12,98 miliar, dan ditransaksikan sebanyak 3.119 kali. Saham Mahaka Media pun menarik minat investor asing, dengan tercatat dibeli bersih senilai Rp 38,67 juta.

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet, Nadiem, Mahfud & Bupati Minahasa ke Istana)

Tidak hanya itu, saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) pada perdagangan hari ini dibuka menguat 0,55% menjadi berada di harga Rp 3.620 per saham. Perusahaan yang sahamnya dipegang oleh Sandiaga Uno, politisi Partai Gerindra yang juga sempat menjadi calon wakil presiden 2019-2024 menemani Prabowo Subianto, sempat menyentuh level tertingginya hari ini dengan menguat 2,5% di harga Rp 3.690 per saham.

Meski begitu, hingga 09.16 WIB, saham Saratoga diperdagangan dengan volume hanya sebanyak 1,5 juta ribu saham, dengan nilai transaksi Rp 5,53 juta, dan ditraksasikan hanya sebanyak 4 kali. Sahamnya pun tercatat dilego oleh asing dengan nilai jual bersih sebesar Rp 1,11 juta saham.

(Baca: Kurs Rupiah Kuat Jelang Pengumuman Kabinet Jokowi-Ma'ruf)

Adapun, kedua tokoh politik yang juga pebisnis tersebut gencar dikabarkan bakal mengisi posisi menteri di kabinet baru kepemimpinan Jokowi periode yang kedua. Menurut kabar yang beredar, Erick Thohir bakal menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sementara Sandiaga bakal menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Jokowi sendiri berjanji untuk mengumumkan susunan kabinet pada pagi ini. Namun, hingga pukul 10.13 WIB, beberapa tokoh pun sudah berdatangan ke Istana Negara. Tokoh yang sudah ada di Istana sejauh ini yaitu Mahfud MD dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu.

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan