Sri Mulyani Kembali Jadi Menkeu, Rupiah Menguat ke 14.040 per Dolar AS

Agatha Olivia Victoria
22 Oktober 2019, 16:56
rupiah, dolar as
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. Penguatan rupiah antara lain ditopang oleh sentimen positif dari kembali ditunjuknya Sri Mulyani sebagai menteri keuangan.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar spot sore ini, Selasa (22/10) menguat 0,28% ke level Rp 14.040 per dolar AS dibanding penutupan kemarin sore Rp 14.080 per dolar AS. Penguatan rupiah antara lain ditopang oleh sentimen positif dari kembali ditunjuknya Sri Mulyani sebagai menteri keuangan. 

Meski begitu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp 14.058 per dolar AS., melemah 26 poin dibanding posisi kurs kemarin Rp 14.132 per dolar AS.

Direktur Riset Center Of Reform on Economics (CORE) Pieter Abdullah Redjalam mengatakan, positifnya rupiah hari ini ada hubungannya dengan kedatangan Sri Mulyani Indrawati ke istana. "Sri Mulyani yang sudah menyatakan kembali menjadi Menteri Keuangan periode 2019-2024 sangat sesuai dengan harapan pasar," kata Pieter kepada Katadata.co.id.

Meski begitu, menurut Pieter, Sri Mulyani perlu mengubah pola kebijakannya dalam menghadapi perlambatan ekonomi global. Tanpa perubahan kebijakan, menurut dia, ekonomi Indonesia akan tetap terjebak dalam pertumbuhan 5%.

Ia meminta Sri Mulyani lebih berani mengeluarkan stimulus dalam mendorong perekonomian. Menurut dia, Sri Mulyani harus lebih berani melebarkan defisit dan menghadapi kritik atas terus bertambahnya utang pemerintah.

"Yang kita butuhkan kebijakan countercyclical baik di moneter, fiskal maupun di sektor riil," ucap dia.

(Baca: Kembali Jadi Menkeu, Ini Sederet Pekerjaan Rumah Sri Mulyani)

Sama seperti Pieter, Ekonom Josua Pardede juga turut menilai pasar mengapresiasi konfirmasi Sri Mulyani tetap menjadi Menteri Keuangan. "Dimana pengelolaan fiskal diharapkan tetap kredibel dan dapat mendorong kesinambungan fiskal dengan mengoptimalkan ruang fiskal untuk menjadi stimulus bagi perekonomian," kata Josua kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...