Erick Thohir Telah Ajukan Empat Nama Calon Wamen BUMN ke Jokowi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud

24/10/2019, 16.09 WIB

Salah satu nama calon yakni Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Wamen BUMN, Erick Thohir, BUMN
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) elah menyerahkan empat nama calon wakilnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Kamis (24/10). Nantinya, Jokowi akan memilih satu atau dua orang menjadi Wakil Menteri BUMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengajukan empat nama calon wakilnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Kamis (24/10). Dalam waktu dekat, Jokowi akan memilih satu atau dua orang menjadi Wakil Menteri BUMN.

Erick juga menyebut satu nama calon yakni Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Namun dia enggan membeberkan nama kandidat lainnya.

“Beliau (Jokowi) seleksi malam ini, kemungkinan segera diangkat besok,” kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/10).

(Baca: Erick Thohir Ingin Dirut Bank Mandiri Jadi Wakil Menteri BUMN)

Menurut Erick, semua calon Wakil Menteri BUMN yang diajukan punya rekam jejak dalam mengelola aset ribuan triliun rupiah. Selain itu, seluruh kandidat memiliki pengalaman di sektor keuangan.

“Selain mengangkat, kami juga membangun juga future leader, pengganti ke depan,” kata Erick.

Erick mengatakan calon wakilnya berasal dari perusahaan pelat merah lantaran tak ingin ada konflik kepentingan jika sang kandidat berasal dari  swasta. “Nanti kalau dari swasta langsung isunya swastanisasi,” kata Erick.

(Baca: Jadi Menteri BUMN, Erick Thohir Dapat Peringatan Dari Dahlan Iskan)

Pendiri mahaka Group itu juga mengatakan Jokowi mengizinkan jika jumlah kandidat mencapai lima orang. Ini karena jumlah BUMN yang mencapai 142 perusahaan.

Sedangkan Kartika tidak banyak berkomentar terkait dengan kabar dirinya yang akan dicalonkan menjadi Wakil Menteri BUMN. "Tanyakan saja kepada Pak Menteri BUMN, "kata pria yang akrab dipanggil Tiko itu hari Rabu (24/10).

 

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan