Dilantik Jumat Siang, Ini Nama Calon Wakil Menteri Baru yang Beredar

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2019, 08:47
Wakil Menteri, Kabinet Jokowi, Wamen
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Mensesneg Pratikno berdialog dengan wartawan kepresidenan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Dialog presiden dengan wartawan kepresidenan tersebut membahas tentang susunan kabinet Indonesia Maju dan komposisi wakil menteri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan nama calon Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju hari Jumat (25/10) siang. Jokowi mengatakan para calon wamen berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional hingga partai politik.

Jokowi mengatakan salah satu yang memerlukan jabatan wamen adalah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Presiden, Menteri BUMN Erick Thohir memerlukan bantuan dalam mengelola perusahaan pelat merah yang jumlahnya banyak.

“Sore ini sudah final, secepatnya kami lantik,” kata Jokowi dalam bincang-bincang bersama media, Kamis (24/10).

Beberapa nama mulai santer terdengar menjabat sebagai Wamen. Erick mengatakan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjadi salah satu kandidat kuat wakilnya. "Iya (Tiko) salah satu kandidat. Saya rasa dia profesional dan lebih muda dari saya kan," kata Erick.

(Baca: Erick Thohir Telah Ajukan Empat Nama Calon Wamen BUMN ke Jokowi)

Meski begitu, Kartika tidak banyak berkomentar terkait dengan kabar dirinya yang dicalonkan menjadi Wakil Menteri BUMN. "Ah itu tanyakan saja kepada Pak Menteri BUMN (Erick Thohir)," kata pria yang akrab dipanggil Tiko itu kemarin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...