Gandeng IDI, Startup Halodoc Kembangkan Riset dan Inovasi Kesehatan

Desy Setyowati
28 Oktober 2019, 13:40
(kiri-kanan) Corporate Secretary Halodoc - Sisca Tjahjadi, Chief of Medical Halodoc dr. Irwan Heriyanto, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H, Sekretaris Jenderal IDI, DR. Dr. Henry Salim Siregar, Sp. OG (K) menandatangani MoU k
halodoc
(kiri-kanan) Corporate Secretary Halodoc - Sisca Tjahjadi, Chief of Medical Halodoc dr. Irwan Heriyanto, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H, Sekretaris Jenderal IDI, DR. Dr. Henry Salim Siregar, Sp. OG (K) menandatangani MoU kolaborasi antara Halodoc dan IDI dalam pengembangan proyek ilmiah, riset, dan inovasi di bidang pelayanan kesehatan di Jakarta, Sabtu (26/10).

Startup Halodoc bekerja sama dengan Bidang Riset dan Publikasi Ilmiah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam riset dan inovasi di bidang kesehatan. Perusahaan rintisan yang menjadi bagian dari ekosistem Gojek ini optimistis, kolaborasi ini dapat meningkatkan layanan di platform-nya.

Chief of Medical Halodoc, Dokter Irwan Heriyanto MARS mengatakan, perusahaannya selalu memanfaatkan teknologi dan data dalam mengidentifikasi persoalan yang dihadapi masyarakat terkait akses layanan kesehatan. “Kami percaya, kolaborasi ini mampu mendukung terciptanya lebih banyak lagi solusi untuk masyarakat,” katanya dalam siaran pers, Senin (28/10).

Halodoc bermitra dengan lebih dari 1.400 rumah sakit sejak tiga tahun beroperasi. Setidaknya ada lebih dari 20 ribu dokter berlisensi dan 1.300 apotek yang sudah menjadi mitra.

Startup ini juga sudah menggaet lebih dari tujuh juta pengguna aktif bulanan (month active user/MAU) di sekitar 50 kota Indonesia. “Dengan jaringan mitra dan pengguna yang luas dari Sabang sampai Merauke, kami optimistis bisa berkontribusi nyata bagi kemajuan riset di sektor kesehatan,” kata Irwan.

(Baca: Grab Luncurkan GrabHealth Versi Beta, Terbatas untuk 10% Pengguna)

Halodoc memiliki aplikasi dengan empat fitur utama. Di antaranya Bicara dengan Dokter (chat with a doctor), Beli Obat (Buy Medicines), Kunjungi Rumah sakit (Visit a hospital), dan Layanan Lab. 

Berdasarkan data dari berbagai sumber, terdapat lima isu strategis yang menjadi prioritas dalam pembangunan kesehatan lima tahun ke depan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2019. Di antaranya Angka Kematian Ibu (AKI) atau Angka Kematian Neonatal (AKN), stunting, tuberculosis (TBC), Penyakit Tidak Menular (PTM), dan cakupan imunisasi dasar lengkap. Irwan Menilai, kebijakan pemerintah perlu berbasis pada riset guna menciptakan program yang berkesinambungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...