Harga Minyak Melemah Terbebani Kenaikan Stok Minyak AS

Image title
29 Oktober 2019, 07:29
Kilang Minyak
KATADATA
Ilustrasi Kilang Minyak. Harga minyak mentah dunia ditutup melemah waktu Amerika Serikat (AS) setelah kenaikan empat hari berturut-turut.

Harga minyak mentah dunia ditutup melemah waktu Amerika Serikat (AS) setelah kenaikan empat hari berturut-turut. Pelemahan dipicu ekpektasi kenaikan stok minyak mentah AS serta kekhawatiran tentang data industri Tiongkok yang lemah.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka jenis Brent, turun 45 sen menjadi US$ 61,57 per barel. Sedangkan harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate turun 85 sen menjadi US$ 55,81. Padahal di awal sesi, Brent dan WTI melejit ke level tertinggi dalam sebulan, masing-masing mencapai US$ 62,34 dan US$ 56,92.

Advertisement

Sementara pada pukul 07.15 WIB,  harga minyak mentah AS WTI kontrak November naik 0,09% menjadi US$ 55,86 per barel dan harga minyak Brent kontrak Desember tetap US$ 61,57 per barel.

Menurut para trader, stok minyak mentah AS di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk minyak WTI, telah meningkat sekitar 1,5 juta barel dalam sepekan hingga 25 Oktober. Sementara dalam jajak pendapat Reuters, para analis memperkirakan total persediaan minyak mentah AS telah meningkat sekitar 700 ribu barel pada pekan lalu.

(Baca: Ada Efisensi, SKK Migas Sebut Target Investasi Migas Sulit Tercapai)

Di sisi lain, keuntungan perusahaan industri Tiongkok turun dalam dua bulan berturut-turut  pada September karena harga produsen yang terus merosot, memperlihatkan dampak perlambatan ekonomi akibat berlarut-larutnya perang dagang dengan AS.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement