Sri Mulyani Akan Turun Tangan Urus Anggaran Janggal APBD Jakarta

Agatha Olivia Victoria
1 November 2019, 14:51
Sri Mulyani, anggaran janggal, apbd jakarta
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menkeu Sri Mulyani (kanan) berbincang dengan Kepala Staf Presiden Moeldoko sebelum mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sri Mulyani akan menelusuri anggaran janggal APBD Jakarta.

Temuan anggaran janggal dalam proses rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020 mendapat sorotan publik. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan turut menelusuri kejanggalan tersebut.

Sri menyatakan akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan kualitas APBD Jakarta. "Kami  nanti akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, di dalam meningkatkan kualitas dari APBD tentunya," kata Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (11/1).

Dalam melihat permasalahan APBD, Sri Mulyani tak dapat menangani secara sepihak. "Nanti akan kami koordinasikan bersama-sama," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

(Baca: Ahok dan Anies Berseteru, Buntut Anggaran Janggal di APBD Jakarta)

Rancangan APBD Jakarta belakangan menjadi sorotan setelah anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI William Aditya Sarana menemukan beberapa anggaran janggal. Awalnya William menemukan anggaran pembelian lem aibon mencapai Rp 82,8 miliar di rancangan APBD DKI Jakarta 2020. Selanjutnya dia menemukan pengadaan bolpoin yang mencapai Rp 123 miliar.

Tak hanya anggaran lem aibon dan bolpoin yang janggal. PSI juga menyoroti beberapa anggaran yang janggal yakni pengajuan 7.313 unit komputer dengan harga Rp 121 miliar di Dinas Pendidikan, serta beberapa unit server dan storage senilai Rp 66 miliar di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Anggaran janggal lainnya yakni pembangunan jalur sepeda 69 kilometer Rp 73 miliar, pengadaan cat senilai Rp 61 miliar, anggaran antivirus Rp 12 miliar, anggaran influencer promosi pariwisata sebesar Rp 5 miliar.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...