Shopee Kuasai Pasar Perempuan

Penulis: Tim Publikasi Katadata

4/11/2019, 19.09 WIB

Platform belanja online Shopee menguasai pasar perempuan. Hal ini berdasarkan Survei Perilaku Belanja Online 2019, yang dibuat Media Riset tahun ini.

Shopee
Katadata

Platform belanja online Shopee  menguasai pasar perempuan.  Hal ini berdasarkan Survei Perilaku Belanja Online 2019, yang dibuat Media Riset tahun ini.  Hasil ini tergambar dalam survei yang melibatkan 1027 responden dari umur 17 tahun di seluruh Indonesia dengan 54 persen responden perempuan dan 46 persen responden laki-laki.

 

Sebanyak 52 persen perempuan menyebut Shopee sebagai pilihan. Sementara pembeli laki-laki yang menyebut Shopee sebagai e-commerce yang produknya paling sering dibeli sebanyak 16 persen. Melihat mayoritas pengguna e-commerce yang didominasi perempuan, data ini menunjukkan transaksi di Shopee secara volume lebih besar ketimbang kompetitor lain.

 

Hasil survei juga menunjukkan 86 persen pembeli perempuan pernah membeli produk di e-commerce Shopee. Sedang 64 persen pembelanja online laki-laki  menyatakan pernah membeli produk di plaform yang menampilkan bintang sepak bola Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador Shopee.

 

Survei juga menggambarkan, secara umum promo masih menjadi daya pikat bagi pembeli. Diskon maupun cashback menjadi pertimbangan utama saat responden akan berbelanja online.

 

Dari sisi usia, pembeli online terbesar yang disurvei berada di rentang usia 36-45 tahun yang mencakup 36 persen, disusul 31-35 tahun sebanyak 24 persen. Sementara pembeli muda di rentang 17-24 tahun menyumbang 16 persen.

 

Para pembeli online dalam survei sebagian besar merupakan lulusan sarjana. Sebanyak 32 persen responden yang disurvei berpenghasilan  Rp 2.500.001 hingga Rp 5.0000.000, diikuti Rp 1.000.001- Rp 2.500.000 mencapai 28 persen.

 

Dalam survei sebelumnya yang diselenggarakan MarkPlus bertajuk Women & e-Commerce Survey 2019, juga menunjuukan  Shopee menjadi brand e-commerce yang paling melekat di benak perempuan Indonesia. Menurut  Head of HiTech and Communication Media MarkPlus Rhesa Dwi Prabowo strategi marketing Shopee mulai dari jingle yang cenderung unik, banyak promosi menarik, termasuk gratis ongkos kirim (ongkir), menjadi faktor yang mendorong Shopee menjadi top of mind pada survei yang dilakukan kepada 1.200 responden di 17 provinsi di Indonesia.

 

Data internal Shoope juga menyebut perusahaan meraup hasil positif setelah merekrut bintang sepak bola Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador. Strategi merekrut CR7 turut mendongkrak angka penjualan pada promo 9.9, September 2019 lalu. CEO Shopee, Chris Feng, mengatakan jumlah pesanan pada momen 9.9 tahun ini meningkat tiga kali lipat bila dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sekitar 15 juta pesanan.

 

Shopee merupakan platform belanja online  Bisnis untuk Pelanggan (B2C), pasca peluncuran Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk distribusi brand ternama.  Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee  juga berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal serta penyedia jasa transportasi daring. E-commerce yang berkantor pusat di Singapura ini menerima Marketing Award 2017 dan penghargaan di ajang Bright Awards Indonesia 2017 untuk kategori Iklan Paling Berkesan.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha