BPMA: Repsol Cari Mitra Garap Blok Andaman III, Petronas Minat

Image title
5 November 2019, 20:03
blok migas
Katadata
Ilustrasi Blok Migas. Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyebut, Repsol tengah mencari mitra untuk melanjutkan pengeboran sumur eskplorasi di Blok Andaman III yang akan dimulai tahun depan.

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyebut, Repsol tengah mencari mitra untuk melanjutkan pengeboran sumur eskplorasi Rencong 1X di Blok Andaman III. Salah satu perusahaan yang sudah menyatakan minat adalah BUMN migas asal Malaysia, Petronas. 

Deputi Operasi dan Perencanaan BPMA Teuku Muhammad Faisal mengatakan, Repsol tak bisa sendiri dalam melanjutkan pengeboran sumur eksplorasi. Untuk itu, perusahaan migas asal Spanyol ini berencana melepas sebagian kepemilikan hak partisipasinya.

"Untuk mengebor satu sumur ini Repsol butuh partner. Salah satunya, ada Petronas yang mengajukan (minat)," ujar Faisal saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (5/11).

(Baca: Bertemu Menteri ESDM, Repsol Bahas Blok Sakekemang dan Andaman III)

Teuku menjelaskan, saat ini pihaknya telah memberikan rekomendasi perpanjangan masa eksplorasi Blok Andaman III untuk dua tahun. Namun, keputusan perpanjangan eksplorasi tersebut masih menunggu persetujuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

"Sebenarnya penambahan eksplorasi sudah dikasih persetujuan. BPMA memberikan persetujuan dua tahun," kata Faisal.

Adapun saat ini, menurut Faisal, Repsol sedang memproses pengadaan Long Lead Item dan kapal untuk pengeboran. Rencananya, pengeboran bakal dilakukan mulai 2020.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...