Ekonomi Kuartal III Tumbuh Melambat, Kadin Soroti Masalah Dalam Negeri

Rizky Alika
5 November 2019, 16:36
pertumbuhan ekonomi, kadin,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi industri manufaktur. Ketua Kadin Rosan Roeslani mengatakan pemerintah harus mendorong sektor manufaktur demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian lambat.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus melambat secara triwulanan. Kamar Dagang Indonesia atau Kadin memberikan sejumlah rekomendasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pertama, Kadin menyarankan pemerintah untuk meningkatkan sektor manufaktur. "Pemerintah (harus) manfaatkan situasi ini untuk memperbaiki industri manufaktur kita sebagai bagian dari rantai pasok global," kata Ketua Kadin Rosan Roeslani di Jakarta, Selasa (5/11).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terpapar oleh situasi global. Sebab, komponen ekspor dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia belum memberikan andil yang besar.

(Baca: Makin Melambat, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2019 Hanya 5,02%)

Sebagaimana diketahui, pada triwulan III ini pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara melambat. Singapura hanya tumbuh 0,1% atau lebih rendah dari 2018 sebesar 3,3%, kemudian Tiongkok tumbuh sebesar 6% dibandingkan 6,6% pada 2018.

Sebaliknya, bila pertumbuhan ekonomi global melaju kencang, Indonesia dapat semakin tertinggal. Oleh karena itu, strategi berikutnya yaitu meningkatkan ekspor dan investasi di samping perbaikan sektor manufaktur.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...