Ini Profil Bank Royal yang Diakusisi BCA Hampir Rp 1 Triliun

Image title
5 November 2019, 13:54
bank royal, bca, akuisisi,
ARIEF KAMALUDDIN | KATADATA
Menara Bank Central Asia (BCA). BCA resmi mencaplok Bank Royal setelah mengakuisisi seluruh saham bank tersebut senilai Rp 988 miliar.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi mengakusisi PT Bank Royal Indonesia usai memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan akta akusisi diteken oleh kedua belah pihak.

Tak tanggung-tanggung, BCA menggelontorkan dana hampir Rp 1 triliun, tepatnya Rp 988,04 miliar, untuk mengambil alih seluruh saham Bank Royal dari pemilik sebelumnya yakni keluarga Soemedi yang memiliki usaha baja di PT Master Steel Mfg dan PT Pulogadung Steel.

Keluarga Soemedi memiliki saham Bank Royal melalui PT Royalindo Investa Wijaya sebesar 82,70%, kemudian Leslie Soemedi menguasai 5,71% saham, serta Ibrahim Sumedi, Herman Soemedi, dan Ko Sugiarto masing-masing menguasai 2,94% saham, dan Nevin Soemedi menguasai 2,77% saham.

Setelah akta akuisisi diteken, BCA menguasai 99,99% saham Bank Royal, sedangkan 0,01% dimiliki oleh PT BCA Finance.

(Baca: Usai Akuisisi Bank Royal, BCA Masih Bidik Satu Bank Lagi)

Akusisi tersebut didorong oleh kebutuhan BCA memiliki bank kecil agar lebih fleksibel dalam melayani nasabah. Bank Royal memiliki modal inti (tier 1) sebesar Rp 319,71 miliar atau masuk dalam Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 1. Bank tersebut fokus melayani nasabah segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

Bank Royal berdiri dengan nama PT Bank Rakyat Parahyangan yang berkedudukan di Ciparay, Bandung, Jawa Barat, pada 25 Oktober 1965. Bank ini sempat mengalami dua kali pergantian nama, yakni pada 21 Agustus 1982 menjadi PT Bank Pasar Rakyat Parahyangan, kemudian pada 8 Januari 1990 menjadi nama yang digunakan hingga kini, PT Bank Royal Indonesia.

Saat ini, Bank Royal memiliki tujuh kantor cabang, yaitu kantor cabang utama terletak di Surabaya, dan enam lainnya merupakan kantor cabang pembantu yang terletak di Lautze, Mangga Dua, Hayam Wuruk, Kelapa Gading, Tangerang, dan Tanah Abang. Sedangkan, kantor pusatnya berlokasi di Jakarta Pusat.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...