BCA Berencana Merger Bank Royal dengan BCA Syariah

Image title
12 Juni 2019, 16:51
merger Bank Royal dan BCA Syariah, BCA, nilai akuisisi Bank Royal
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berencana untuk menggabungkan anak usahanya, BCA Syariah, dengan Bank Royal Indonesia.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berencana untuk menggabungkan anak usahanya, BCA Syariah, dengan Bank Royal Indonesia. Namun, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, rencana ini baru kemungkinan besar sehingga belum pasti.

"Belum dipastikan (fokus Bank Royal). Kemungkinan besar menambah bank syariah, bisa (dimerger dengan BCA Syariah), begitu ke depannya," kata Jahja ketika menggelar halal bihalal dengan awak media di Jakarta, Rabu (12/6).

Jahja mengatakan, kepastian fokus bisnis Bank Royal bakal ditentukan usai BCA menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada 20 Juni mendatang. Agenda rapat adalah untuk meminta persetujuan pemegang saham atas rancangan akuisisi saham pada Bank Royal.

Sebenarnya, sudah sejak lama BCA berencana mengakusisi dua bank kecil untuk ditransformasi menjadi bank digital. Namun, seiring berjalannya waktu, rencana ini urung dilaksanakan. Alasannya, BCA ternyata sudah mampu bertransformasi menjadi bank digital tanpa perlu melalui anak usaha.

Karena itu, BCA kemungkinan besar bakal memerger Bank Royal dengan BCA Syariah. Namun, Jahja mengatakan penggabungan tersebut tidak dilakukan pada tahun ini, dengan harapan dapat terealisasi pada tahun depan.

Penyebabnya, BCA akan menstabilkan dulu Bank Royal sehingga profitable, baru setelah itu bisa dimerger. Jika tidak, Jahja mengatakan, dapat merugikan BCA Syariah. "Bank Royal sudah profit, tapi kami beli (Bank Royal) dengan (harga) premium. Kalau dimerger, nanti syariahnya jadi rugi. Jadi, harus di-cover dulu," kata Jahja.

(Baca: Setelah Akuisisi, BCA Masih Cari Fokus Bisnis Bank Royal )

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...