Rencana Menteri Johnny dengan Anggaran Kominfo Rp 5,6 T Tahun Depan

Image title
5 November 2019, 17:14
menkominfo, johnny plate
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/11).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal  mengantongi alokasi anggaran sebesar Rp 5,6 triliun pada tahun depan. Anggaran tersebut antara lain akan digunakan untuk  menciptakan talenta-talenta di sektor digital. 

"Tahun 2020 Kominfo mendapat alokasi sebesar Rp 5,61 triliun," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Selasa (5/11).

Advertisement

Johnny menjelaskan, anggaran tersebut, antara lain akan berasal dari APBN murni sebesar Rp 1,5 triliun, Pendapatan Negara Bukan Pajak (APBN) Rp 860 miliar, dan pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 3,1 triliun. 

Alokasi anggaran, menurut Johnny, akan digunakan untuk menyukseskan program digital talent scholarship yang dicanangkan kementeriannya. Program itu merupakan salah satu program pembangunan prioritas nasional yakni mencapai 230 juta digital talent pada 2030.

(Baca: Menkominfo Dorong Penyederhanaan Jumlah Data Center di Indonesia)

Saat ini, menurut dia, talenta digital di Indonesia masih dibawah kebutuhan. Hal ini, menurut dia, kemudian dimanfaatkan oleh tenaga kerja dari negara-negara tetangga. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement