ConocoPhillips Rampungkan Suban Compression, Produksi Corridor Terjaga

Image title
6 November 2019, 11:42
ConocoPhillips, Blok Corridor
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo ConocoPhillips. ConocoPhillips akhirnya merampungkan proyek Suban Compression sehingga laju penurunan Blok Corridor dapat ditahan.

ConocoPhillips (Grissik) Ltd akhirnya mampu merampungkan proyek Suban Compression pada awal November 2019. Dengan proyek migas tersebut, rata-rata produksi Blok Corridor bisa terjaga.

Vice President Commercial and Business Development ConocoPhillips Taufik Ahmad mengatakan proyek Suban Compression baru memasuki tahap commisioning. Adapun, peresmian proyek menunggu hasil uji coba stabil terlebih dahulu.

"Jadi itu untuk menjaga produksi di Suban. Ada tambahan sedikit agar produksi tidak turun," kata Taufik saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (6/11) malam.

Proyek dengan estimasi investasi US$ 440 juta ini diproyeksi  mampu menambah produksi Blok Corridor hingga 100 juta standar kaki kubik per hari mmscfd. Hingga akhir September 2019, lifting  gas Blok Corridor mencapai 833 mmscfd atau mencapai 102,8% dari target APBN sebesar 810 mmscfd.

(Baca: SKK Migas Sebut Blok Rokan-Corridor dapat Integrasi dengan Sakakemang)

Enam Proyek Beroperasi Hingga Akhir Tahun

Di sisi lain, Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Wisnu Prabawa Taher menyebut ada enam proyek yang ditargetkan beroperasi hingga akhir tahun ini. "November - Desember bisa onstream total produksi 124-125 mmscfd gas, minyak sekitar 8.500," ujar Wisnu.

Salah satu proyek migas yang ditargetkan pada akhir tahun ini yakni, Buntal-5 oleh Medco E&P Natuna Ltd. Estimasi produksi 45 mmscfd dan estimasi investasi US$ 33 juta.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...