Ekonomi RI Melambat, Wamenkeu Suahasil Sebut Dampak Perang Dagang

Agatha Olivia Victoria
6 November 2019, 15:38
Wamenkeu Suahasil
Arief Kamaludin|KATADATA
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat pada tahun ini tak terlepas dari imbas perang dagang AS-Tiongkok.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat pada tahun ini tak terlepas dari imbas perang dagang AS-Tiongkok. Ia pun menjelaskan terdapat tiga jalur penting yang terkena imbas perang dagang.

"Pertama, lewat aliran modal masuk, ini penting," kata Suahasil dalam sambutannya pada acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11).

Menurut dia,  aliran modal asing rentan terpengaruh oleh kondisi global, terutama pada investasi portofolio. Namun, sepanjang tahun ini hingga akhir Oktober,  BI mencatat aliran modal asing yang masuk melalui investasi portofolio mencapai Rp 217 triliun. 

Kedua, investasi langsung atau foreign direct investment (FDI).  Untuk itu, menurut Suahasil, iklim investasi menjadi fokus yang paling penting. Iklim investasi yang nyaman, menurut dia menjadi salah satu pekerjaan rumah Indonesia dalam memperkuat FDI agar tak mudah terimbas perang dagang.

"Tersedianya infrastruktur, regulasi yang baik, serta mendukung iklim dunia usaha," ujarnya.

(Baca: Konsumsi Diperkirakan Meningkat, Bisnis Masih Loyo Jelang Tutup Tahun)

Selain kedua jalur tersebut, terdapat jalur lainnya yang terkena imbas yakni jalur perdagangan. Ia mengatakan, permintaan ekspor Indonesia kini kian terpuruk akibat menurunnya pertumbuhan negara maju. Di sisi lain, impor juga ikut terimbas.

Berdasarkan data BPS, ekspor secara kumulatif pada Januari-September 2019  tercatat sebesar US$ 124,17 miliar, turun 8% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara impor secara kumulatif tercatat sebesarUS$ 126.115,8 juta, turun 9,12% dibanding periode sama tahun sebelumnya. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...