Pendiri Tokopedia Ungkap 3 Kunci Sukses Kembangkan Kemampuan Karyawan

Cindy Mutia Annur
6 November 2019, 07:19
tokopedia, digital
ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi, karyawan Tokopedia. Tokopedia membangun ekosistem kerja karywan agar bisa bersaing dengan perusahaan digital lainnya terutama dalam kualitas bisnis dan layanan.

Sebagai salah satu perusahaan digital, Tokopedia terus berusaha meningkatkan kualitas layanan bisnisnya. Salah satunya lewat pengembangan ekosistem kerja karyawan.

Memasuki dekade pertama pada tahun ini, Tokopedia sudah menggaet lebih dari 4.700 karyawan yang disebut Nakama. Unicorn Tanah Air ini memiliki tiga kunci utama dalam mengembangkan ekosistem kerja karyawan di perusahaan.

Co-Founder and Vice Chairman of Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan kunci pertama yaitu komunikasi, berkaitan dengan kegiatan menyampaikan dan mendengarkan pesan. "Karena komunikasi menjembatani informasi antara karyawan dan perusahaan," ujar Leontinus  dalam acara diskusi Kompas 100: CEO Forum 2019 di Jakarta, Selasa (5/11).

Ia meyakini keterbukaan komunikasi antar karyawan dengan atasan perusahaan dapat memperlancar proses kerja. Karyawan dan atasan perusahaan pun harus saling terbuka dalam menyampaikan informasi maupun masukan.

(Baca: Bertemu Menteri Koperasi, Bos Tokopedia Ungkap Peluang UMKM Ekspor)

Kedua, pola pikir penelitian dan pengembangan (mindset R&D). Selama ini, perusahaan pada umumnya yang memiliki masalah tidak mencari tahu bagaimana penyelesaian masalah (problem solving) dengan tepat melainkan mencari cara termudah untuk menyelesaikannya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...